Hasil Survei D Win Consulting PDIP Berpeluang Dua Kursi, Edi Purwanto Raih Suara Tertinggi

Hasil Survei D Win Consulting PDIP Berpeluang Dua Kursi, Edi Purwanto Raih Suara Tertinggi

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- PDI Perjuangan berpeluang meraih dua kursi dalam Pemilu Legislatif 2024. Ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan D Win Consulting dalam rilis resminya Sabtu 10 Februari 2024.

Dalam hasil survei ini, Edi Purwanto meraih kursi kedua setelah Golkar. Selanjutnya PDIP diprediksi bakal meraih kursi kedua pada kursi kedelapan kuota DPR RI Dapil Jambi.

Direktur D Win Consulting mengatakan dengan menggunakan sistem perhitungan saint league, diprediksi, Golkar akan mendapatkan 2 kursi, kursi ke-1 dan ke-7 yaitu Cek Endra dan HBA. 

PDI Perjuangan akan mendapatkan 2 kursi, kursi ke-2 dan ke-8 yaitu kursi ke-1 Edi Purwanto, dan kursi ke-8 cukup ketat berebut antara Ratu Munawaroh, Ihsan Yunus, Guntur dan Jend (purn) Agus Suhardi.

Lalu, NASDEM 1 Kursi yakni Syarif Pasha, PAN 1 Kursi H. Bakri, GERINDRA 1 kursi Sutan Adil Hendra, PKS 1 kursi Fathul Bari. Membayangoi dibawahnya PKB dan Demokrat.

“Mengingat pergerakan di lapangan sangat dinamis dan swing voters cukup tinggi, bisa saja terjadi perubahan pada hasil pencoblosan tanggal 14 Februari 2024. Ini Karena masih ada 33 persen yang belum memutuskan pilihannya. Sementara kemungkinan partisipasi pemilih antara 80-83 persen,” lanjutnya.

Adapun beberapa penyebab perubahan hasil bisa karena pergerakan di tiga hari terakhir caleg makin massif termasuk kemungkinan kejadian luar biasa seperri money politik. 

Sebagian pemilih yang belum memutjuskan pilihannya kemudian sudah menentukan siapa yang akan dipilih.

Ia mengatakan dalam survey ini, jumlah sampel ada 700 orang dengan metode Multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan (margin error) 3,8 persen pada Tingkat kepercayaan 95 persen. 

Sampel didistribusikan ke 11 kabupaten, 70 desa/Kelurahan  dan 350 RT diwawancarai sebanyak 10 responden

Adapun hasilnya, Partai Golkar diprediksi unggul di 5 Kabupaten/kota: Batanghari, Bungo, Sungai Penuh, Merangin dan Tebo. Kedua, PDI Perjuangan diprediksi unggul di 3 kabupaten/kota yakni Kota Jambi, Muaro Jambi dan Tanjab Barat.

Nasdem unggul di 1 kabuapaten: Sarolangun. Sangat kuat di Kota Jambi, Batanghari dan Merangin. PAN unggul di 1 kabupaten Tanjung Jabung Timur. Serta  PKB unggul 1 kabupaten kerinci. (aiz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: