Kelar 2024, Jalan Tol Trans Sumatera Ini Bakal Dilengkapi 12 Terowongan Satwa Sepanjang 201 M, Ini Lokasinya

Kelar 2024, Jalan Tol Trans Sumatera Ini Bakal Dilengkapi 12 Terowongan Satwa Sepanjang 201 M, Ini Lokasinya

Terowongan perlintasan gajah di ruas Tol pekanbaru-Dumai-Foto: Antara/FB Anggoro-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Selain menghadirkan konektivitas antara Provinsi di Sumatera, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) juga menjamin keberlanjutan satwa dan lingkungan.

Terbaru, Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum yang ditargetkan kelar pada Tahap I tahun 2024 akan dilengkapi dengan 12 terowongan satwa dengan panjang total 201 meter.

Selain itu,untuk menjaga kelestarian satwa di sekitar jalan tol, juga dilengkapi 2 (dua) jembatan primata, dan 1 (satu) underpass gajah.

Untuk diketahui, hingga 30 Januari 2024 lalu, progres konstruksi jalan tol ini mencapai 88,77%, dan progres pengadaan lahan sebesar 87,78%.  

BACA JUGA:Keren!, Jalan Tol Trans Sumatera Tahap I Tahun 2024 Bertambah 196 Km, Berikut Ruas Tol Ditargetkan Selesai

 Selain Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum, Jalan Tol Pekanbaru – Dumai yang juga bagian dari JTTS telah menjadi jalan tol pertama di dunia dengan fasilitas underpass gajah.

Sementara itu, Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada tahap  I tahun 2024 bakal ada penambahan 196 km.

BACA JUGA:Tol Sumatera Bertambah 43,6 Km, Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh dan Tebing Tinggi-Indrapura Diresmikan

Penambahan 196 km tersebut terbagi dari 5 ruas jalan tol yakni Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi I Padang Tidji – Seulimum sepanjang 25 km; Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi III Tanjung Pura – Pangkalan Brandan sepanjang 19 km; Jalan Tol Indrapura – Kisaran Seksi II Lima Puluh – Kisaran sepanjang 32 km; Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi III dan IV Tebing Tinggi – Pematang Siantar sepanjang 58 km;   Jalan Tol Padang – Pekanbaru Seksi I Padang – Sicincin sepanjang 37 km, dan Seksi V Bangkinang – Pangkalan Tahap I (Bangkinang – Koto Kampar) sepanjang 25 km. 

BACA JUGA:Tak Mau Lewat Terowongan, Gajah Codet Sudah 5 Kali Menyebarangi Tol Riau, Duh Nakal Kamu Det

“Sejalan dengan target yang ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kita targetkan 5 ruas JTTS Tahap I sepanjang 196 km dapat selesai pada Semester I, dan terbitnya 9 Sertifikat Laik Operasi (SLO). Progres dari masing-masing ruas secara umum sudah sangat signifikan, kita harapkan JTTS dapat berdampak terhadap perekonomian nasional,” ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo.

BACA JUGA:Tol Riau Bukan Lagi Jadi Pemilik Tunggal Terowongan Gajah di RI, Ini Saingan Barunya

Tjahjo juga menjelaskan untuk mengakselerasi pembangunan JTTS, Hutama Karya mengapresiasi dukungan Pemerintah atas Penyertaan Modal Negara (PMN) 2024 sebesar Rp 18,6 triliun yang di dalamnya termasuk anggaran  penyelesaian sejumlah ruas JTTS Tahap I. 

Selanjutnya,  Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi III Tanjung Pura – Pangkalan Brandan  mencatatkan progres yang signifikan dengan persentase konstruksi mencapai 93,25%, dan progres pengadaan lahan sebesar 95,38%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: