Tol Riau Bukan Lagi Jadi Pemilik Tunggal Terowongan Gajah di RI, Ini Saingan Barunya

Tol Riau Bukan Lagi Jadi Pemilik Tunggal Terowongan Gajah di RI, Ini Saingan Barunya

Terowongan gajah yang ada di Tol Riau ruas Pekanbaru-Riau juga akan dimiliki tol lain di JTTS-Foto: Dok Kementerian PUPR-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Tol Riau bukan lagi jadi pemilik tunggal terowongan gajah di RI, akan ada saingan barunya, masih di ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Hutama Karya selaku pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) akan segera menambah terowongan gajah di ruas Tol Sumatera, tapi bukan di Tol Riau ruas Pekanbaru-Dumai.

Ni Putu Oki Wiraswati, Vice President Management Risiko dan Kontrak Divisi Pembangunan Jalan Tol PT Hutama Karya (Persero), dalam acara seminar yang diikuti Jambi Ekspres Kamis (27/7/23), mengatakan akan ada penambahan terowongan gajah baru di JTTS.

Penambahan terowongan Tol gajah ini kata Oki tidak lagi di Tol pekanbaru-Dumai Provinsi Riau, namun di jalur jalan Tol lainnya.

Hutama Karya telah membangun 5 terowongan gajah di ruas Tol Pekanbaru-Dumai dan kini sudah operasional.

Trase Tol Pekanbaru-Dumai yang membelah habitat gajah memang berpotensi menghambat jalur gajah jika tak dibangun jalur gajah.

Namun kehadiran terowongan perlintasan di Tol Pekanbaru-Dumai telah membuat populasi gajah di sana tetap bisa lalu lalang menyusuri perlintasannya.

Dan dalam waktu dekat,  HK akan menambah lagi terowongan gajah di ruas Tol JTTS lain yaitu di Ruas Tol Sigli-Banda Aceh.

“Kebetulan trase kami melewati jalur gajah di Ruas Tol Sigli-Banda Aceh,”ujar Oki lagi.

Dimana posisi terowongan gajah itu? dan ada berapa terowongan yang akan dibuat? Oki belum menjelaskannya secara rinci.

BACA JUGA:Tak Mau Lewat Terowongan, Gajah Codet Sudah 5 Kali Menyebarangi Tol Riau, Duh Nakal Kamu Det

Namun katanya terowongan gajah di ruas Sigli-Banda Aceh sudah masuk dalam program HK.

Selain terowongan gajah, Tol Sigli-Banda Aceh juga ada terowongan perlintasan satwa liar, didesain untuk mengakomodir habitat satwa liar di sekitar tol Sibanceh tepatnya di Seksi 1 (Padang Tidji – Seulimeum).

Dalam rancangan Hutama Karya, akan terbagi menjadi tiga bagian jalur perlintasan satwa liar.

Pertama perlintasan dengan struktur konstruksi jembatan untuk gajah di KM 13+755 hingga 13+871.

Kedua adalah terowongan khusus untuk jalur perlintasan reptil di KM 10+000 hingga 15+100 menggunakan produk beton tulang pracetak berbentuk segi empat.

BACA JUGA:BKSDA Beberkan Penyebab Gajah Codet 5 Kali Menyebrangi Tol Riau

BACA JUGA:Tak Mau Lewat Terowongan, Gajah Codet Sudah 5 Kali Menyebarangi Tol Riau, Duh Nakal Kamu Det

Ketiga adalah terowongan perlintasan dengan konstruksi jembatan kanopi jaring kabel untuk primata di KM 11+000 hingga KM 13+0000.

Reptil adalah hewan melata atau merayap seperti ular, cicak hutan dan lainnya.Sementara primata adalah jenis makhluk hidup yang mencakup monyet, kera dan lainnya.

Meski belum rampung utuh dari Sigli hingga Banda Aceh, tapi PT Hutama Karya saat ini telah pula mengoperasikan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6 (Blang Bintang – Baitussalam) sepanjang 12,7 Km sejak Kamis, 22 Juni 2023 Pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA:Kabupaten Paling Ujung Sumbar Surati Basuki Minta Tol Riau Tembus ke Daerahnya, Ini Hasil Lobiannya

Executive Vice President (EVP) Divisi Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa pengoperasian ini menyusul dikantonginya Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada tanggal 14 April 2023 serta Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2023 Tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Sigli – Banda Aceh Seksi 5 – 6.

“Kami sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima SLO dan Kepmen tersebut, dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan 31 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli,” tutur Tjahjo.

Sebelum resmi dioperasikan, Uji Laik Fungsi (ULF) telah dilakukan pada tanggal 6 – 7 Februari 2023 yang meliputi aspek keselamatan, manajemen lalu lintas jalan, sarana jalan, bangunan pelengkap, operasi & administrasi serta telah memberikan pelatihan kepada petugas terkait kesamaptaan, pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya sehingga petugas telah siap dalam pengoperasiannya.

“Jalan tol ini telah diuji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen Mudik Lebaran 2023 yang dilalui lebih dari 10 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan.

Nantinya Seksi 5 & 6 (Blang Bintang - Baitussalam) ini akan menyambungkan ke seksi lainnya yang telah dioperasikan terlebih dahulu yaitu Seksi 2 - 4 (Seulimeum - Blang Bintang) sepanjang 35,8 Km,” imbuh Tjahjo. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: