Tol Sumatera Bertambah 43,6 Km, Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh dan Tebing Tinggi-Indrapura Diresmikan

Tol Sumatera Bertambah 43,6 Km, Jalan Tol Indrapura-Lima Puluh dan Tebing Tinggi-Indrapura Diresmikan

Presiden Joko Widodo (Widodo) meresmikan 2 (dua) ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ditargetkan dapat mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi., Rabu (07/02)--

MEDAN, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Februari 2024 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) kembali bertambah.

Tak tanggung-tanggung pada penambahan terbaru ini jalan tol yang membelah Pulau Sumatera dari Aceh hingga Lampung ini bertambah 43,6 Km.

Hal ini menyusul setelah Presiden Joko Widodo (Widodo) meresmikan 2 (dua) ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ditargetkan dapat mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi.

Kedua jalan tol tersebut adalah Jalan Tol Indrapura – Kisaran seksi I Indrapura – Lima Puluh (15,6 km) garapan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya), dan Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat seksi I Tebing Tinggi – Indrapura (28 km) yang digarap oleh anak usaha Hutama Karya, PT Hutama Marga Waskita (HMW).

BACA JUGA:Keren!, Jalan Tol Trans Sumatera Tahap I Tahun 2024 Bertambah 196 Km, Berikut Ruas Tol Ditargetkan Selesai

Presiden menandai peresmian ruas ini dengan menandatangani 2 (dua) prasasti. Turut hadir dalam peresmian ini antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya, Pj. Gubernur Sumatra Utara Hassanudin, Komisaris Utama Hutama Karya Laksamana TNI Yudo Margono, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, Direktur Utama HMW Dindin Solakhuddin, Direktur Utama PT PP Novel Arsyad, dan sejumlah pejabat daerah terkait.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa jaringan jalan tol ini akan mempersingkat konektivitas kawasan pariwisata di Danau Toba dan mempersingkat waktu ke daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong tumbuhnya wisata baru.

BACA JUGA:Bukti Keberpihakan Pada Ekonomi Kerakyatan, Kredit UMKM BRI Tembus Rp1.068,7 triliun

“Alhamdulillah pada pagi hari ini (kemarin, red), baru saja kita resmikan Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Seksi Indrapura - Lima Puluh yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera,''ujar Presiden Jokowi, pada Rabu (7/2), di Gerbang Tol (GT) Lima Puluh.

Lebih lanjut Presiden mengatakan, dengan pembangunan jalan tol ini diharapkan akan semakin banyak investasi dan investor yang datang untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Provinsi Sumatra Utara dan meningkatkan kunjungan wisata ke destinasi seperti Danau Toba dan sekitarnya.

''Dengan hadirnya jalan tol ini bisa mengefisienkan biaya logistik, meningkatkan daya saing daerah serta menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya,” Tambah Presiden Jokowi.

BACA JUGA:Tersangka Kasus Pengemplang Pajak Diterima Kejari Bungo

Secara keseluruhan, pembangunan Jalan Tol Indrapura – Kisaran (47,75 km) dibagi menjadi 2 (dua) seksi, dengan target penyelesaian pada tahun 2024.

“Khusus seksi II dari Lima Puluh – Kisaran sudah kita lakukan serah terima pekerjaan, selanjutnya kita menunggu jadwal Uji Laik Fungsi (ULF) agar dapat segera mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) dan bermanfaat bagi mobilisasi masyarakat,” ujar Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: