>

Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Karang Taruna Kota Jambi Teken MoU dengan UPTD BLKP Jambi

Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Karang Taruna Kota Jambi Teken MoU dengan UPTD BLKP Jambi

Tingkatkan Kompetensi Pemuda, Karang Taruna Kota Jambi Teken MoU dengan UPTD BLKP Jambi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Usai melakukan konsolidasi Karang Taruna ditingkat Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Jambi pada pertengahan Desember 2023 lalu, Pengurus Karang Taruna Kota Jambi langsung tancap gas. Organisasi sosial kemasyarakatan yang yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di Kota Jambi itu terus bergerak membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak.

Seperti pada Selasa sore (30/1) kemarin, Ketua Karang Taruna Kota Jambi Warfian Saputra melakukan penandatanganan kesepemahaman (MoU) bersama Kepala UPTD Balai Latihan Kerja dan Produktivitas (BLKP) Provinsi Jambi, Yahya Buwaiti.

Penandatanganan kesepahaman itu ditujukan dalam rangka memberikan ruang pengembangan kompetensi para pemuda anggota Karang Taruna di Kota Jambi. 

Ketua Karang Taruna Kota Jambi Warfian, menyebut slot khusus yang diberikan oleh BLKP kepada Karang Taruna Kota Jambi pada tahap awal ini adalah berupa Pelatihan Menjahit, Desain Grafis serta Penggunaan Microsoft Office dengan kuota maksimal satu kali pelatihan adalah 16 orang untuk satu bidang latihan.

Warfian juga menuturkan kerja sama yg dilakukan Karang Taruna Kota Jambi dengan BLKP Provinsi Jambi itu menjadi awalan yg baik dalam pengembangan kompetensi bagi para pemuda.

"Alhamdulillah, tadi kita baru saja menandatangani MoU dengan UPTD Balai Latihan Kerja dan Produktivitas Provinsi Jambi, semoga ini menjadi langkah awal yang baik dalam memberikan ruang bagi para pemuda untuk meningkatkan kompetensinya melalui wadah Karang Taruna ini," tutur Warfian.

Dia juga mengatakan, sejatinya pemerintah saat ini telah memiliki berbagai program pengembangan diri untuk pemuda. Peluang besar itu lah yang harus dapat dimanfaatkan Karang Taruna yang salah satunya dengan menjalin kerja sama tersebut.

"Pemerintah diberbagai jenjang telah menyusun program-program unggulan berupa pelatihan. Nah PR Karang Taruna lah untuk menjembatani agar program tersebut tepat sasaran melalui komunitas/organisasi yang berbasis teritorial wilayah seperti Karang Taruna," tambah Warfian.

Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Kota Jambi Abu Bakar mengapresiasi kemitraan tersebut. Dia menyebut upaya yang dilakukan Karang Taruna Kota Jambi itu merupakan langkah strategis dalam upaya menciptakan Karang Taruna yang kreatif dan bernilai guna.

"Kami Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kota Jambi memberikan apresiasi atas langkah cerdas pengurus Karang Taruna Kota Jambi membangun kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk seperti yang dilakukan dengan Balai Pelatihan ini. Karena ini bagian dari upaya menciptakan generasi Karang Taruna yang kreatif dan bernilai guna," ujarnya. 

Abu Bakar menambahkan, pengurus Karang Taruna saat ini harus inovatif, membangun kolaborasi antar berbagai pemangku kepentingan untuk menumbuhkan ekosistem inovasi sosial yang kreatif, berdaya saing, dan berkelanjutan.

“Inovasi sosial, sebagai ruh dari perubahan, terlahir dari ide, kreatifitas, dan aktivitas berkelanjutan yang tidak hanya menyelesaikan masalah, tetapi juga membuka peluang perbaikan yang kreatif dan berdaya saing, sebagaimana amanat Permensos nomor 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna, tentu kami MPKT akan terus mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini," jelas mantan Ketua Karang Taruna Kota Jambi yang saat ini menjabat sebagai Kadis Kominfo Kota Jambi itu.

Berdasarkan informasi dari pengumuman Karang Taruna Kota Jambi, disebutkan pelatihan yang digagas oleh Karang Taruna Kota Jambi bersama UPTD Balai Latihan Kerja dan Produktivitas Provinsi Jambi itu tidak dipungut biaya alias gratis dan terbuka buka untuk umum. Dijelaskan, pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi panitia di nomor telpon 0852-1127-3786. "Kuota pelatihan terbatas, silahkan gabung segera. Saatnya Pemuda KERJA!," tutup info pengumuman itu. (hfz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: