SKK Migas - PetroChina Serahkan Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary untuk Kelompok Tani di Tanjab Timur

SKK Migas - PetroChina Serahkan Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary untuk Kelompok Tani di Tanjab Timur

SKK Migas - PetroChina Serahkan Bantuan 6 Unit Traktor Roda Dua Rotary untuk Kelompok Tani di Tanjab Timur--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd menyerahkan bantuan Program Pengembangan Masyarakat (PPM) bantuan yang diberikan dalam bentuk 6 unit Traktor Roda Dua Rotary senilai Rp. 293.760.000 untuk kelompok tani di wilayah Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Senin (29/1) kemarin.

Penyerahan simbolis tersebut ditandai dengan penandatanganan Berita Acara dan penyerahan simbolis kunci traktor oleh Government and Relation Superintendent, Lasno kepada Sekda Tanjabtim, Sapril yang disaksikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Tanjabtim, Sunarno, Comdev Supervisor, Ahmad Ramadlan dan Comdev Staff, M. Yusuf dan Resmanudin.

Hadir dalam acara, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Riqo Yudawirja, Sekretaris Dinas TPH, Arna, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Pertadi Kusuma, Kabid Pengembangan DPMPTSP, Windi Jatmiko, Kabid Ekonomi Bappeda, Mustam, Kabid Perkebunan Dinas Perkebunan dan Peternakan, Anwar Sadat serta para kelompok tani penerima bantuan.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Sunarno dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada pihak SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd atas kepeduliannya membantu mensejahterakan petani, khususnya tanaman pangan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Kepedulian SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd sangat perlu kita apresiasi. Dimana permohonan kami di tahun 2023 lalu, langsung dikabulkan di tahun 2024 ini. Tentunya hal itu tidak terlepas dari koordinasi yang baik antara kami dengan pihak SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd," ucapnya.

Mudah-mudah sinergitas ini kedepannya bisa lebih baik lagi dan tentunya bermanfaat dalam peningkatan ekonomi petani melalui usaha di bidang tanaman pangan. Adapun kelompok tani yang menerima bantuan ialah Kelompok Tani Mekar Sari, Sejahtera, Karya Makmur II, Sumber Makmur dan Tunas Baru.

"Ada 5 kelompok tani, masing-masing kelompok tani mendapatkan 1 unit hand traktor. Sedangkan 1 unit lagi untuk Balai Benih dalam rangka untuk ketersediaan benih kita di Tanjung Jabung Timur," ungkapnya.

Sementara, Lasno dalam sambutannya mengatakan, SKK Migas – PetroChina International Jabung Ltd merupakan salah satu Kontraktor Kontrak Kerjasama dengan Pemerintah Republik Indonesia yang berada dibawah pengawasan SKK Migas dan beroperasi di Provinsi Jambi dan khususnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. 

"PetroChina disamping melakukan kegiatan utamanya berupa kegiatan eksplorasi dan exsploitasi minyak dan gas bumi juga melakukan kegiatan PPM, salah satunya di bidang Pertanian," katanya.

Pertanian terutama untuk tanaman pangan memegang peranan penting didalam Ketahanan Nasional. Pemerintah Indonesia terus berupaya agar bisa swasembada pangan, sehingga mempunyai kemandirian untuk mencukupi kebutuhan pangannya.

"Salah satu faktor penting di dalam pertanian adalah intensifikasi pertanian, dengan memanfaatkan lahan yang telah tersedia dengan ditingkatkan hasilnya melalui berbagai sarana salah satunya adalah pemakaian alat-alat pertanian yang tepat guna," ungkapnya.

Sesuai dengan diskusi kami dengan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, bahwa masih diperlukan alat-alat mesin pertanian untuk menunjang pertanian di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, maka pihaknya memberikan bantuan berupa 6 unit Traktor Roda Dua Rotary untuk Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura yang akan disebarkan kepada kelompok tani.

"Dengan intensifikasi pertanian, produktifitas dari lahan yang telah tersedia akan semakin meningkat. Pemakaian alat-alat pertanian juga akan membuat waktu bagi kelompok tani akan lebih produktif," sebutnya.

Selanjutnya, Sekda Tanjabtim, Sapril menuturkan, atas nama Pemerintah Kabupaten dan kelompok tani mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd yang ikut berpartisipasi dalam meningkatkan produktifitas petani di Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: