Suratnya Tak Pikirkan Keselamatan Rakyat Jambi, Jamhuri Minta Presiden Tinjau Jabatan Plt Dirjen Minerba

Suratnya Tak Pikirkan Keselamatan Rakyat Jambi, Jamhuri Minta Presiden Tinjau Jabatan Plt Dirjen Minerba

Jamhuri --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Direktur Eksekutif Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sembilan Jambi Jamhuri angkat bicara terkait surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang meminta Gubernur Jambi mempertimbanhkan jalan umum kembali dibuka untuk truk batu bara.

Ia menilai surat yang dilayangkan Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Mineral dan Batu Bara itu tak mementingkan keselamatan rakyat dan hanya untuk menekan Pemerintah Daerah.

Jamhuri mengibaratkan kebijakan Plt Dirjen Mineral Batubara terkesan seperti keputusan anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang kehilangan mainan.

"Keputusan tersebut lebih terkesan sebagai bentuk intervensi dan intimidasi kekuasaan dengan melupakan Azaz-Azaz Umum Pemerintahan yang Baik (AUPB)," sampainya (29/1/2024).

Dijelaskannya, surat elektronik itu merupakan bentuk nyata dari adanya pemikiran yang hanya mengedepankan emosional kepentingan tanpa memperhatikan dan memperhitungkan segala konsekwensi hukum dari kebijakan tersebut.

"Agar surat tersebut tidak menjadi mesin polemik berikutnya maka sudah saatnya Presiden Jokowi meninjau kembali jabatan penanda tangan surat tersebut," pinta aktivis anti korupsi Jambi ini.

"Dalilnya sederhana hukum tertinggi adalah keselamatan rakyat," aku Jamhuri.

Seperti diketahui, Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian Energi, Sumber Daya Mineral (ESDM) bersurat ke Gubernur Jambi untuk dapat mempertimbangkan agar aktivitas truk angkutan batu bara dibuka kembali. Hal itu, lantaran Kementerian khawatir penghentian angkutan batu bara berpengaruh terhadap pasokan bagi penyediaan listrik di wilayah Sumatera.

Dalam surat nomor T-169/MB.05/DJB.B/2024 tertanggal 25 Januari 2024 yang dilihat Jambi Ekspres pada Senin (29/1/2024) memuat perihal permohonan pendukungan pelaksanaan pengakutan batu bara di Provinsi Jambi.

Surat ini diteken secara elektronik atas nama Plt Dirjen Mineral dan Batubara, Bambang Suswantono. 

Dalam surat itu diterangkan bahwa Dirjen Mineral dan batubara mendukung instruksi gubernur Jambi nomor 1/INGUB/DISHUB/2024 tentang pengaturan aktivitas angkutan batu bara.

Pada awal surat diterangkan bahwa Kementrian ESDM mendukung kebijakan itu terutama untuk mendorong pengusaha pertambangan batu bara untuk menyelesaikan jalan khusus. Selain itu juga menjamin distribusi logistik pemilu 2024 berjalan lancar.

Namun diterangkan dalam surat itu bahwa batu bara saat ini masih menjadi komoditas penyokong keberlanjutan pasokan listrik bagi PLN di wilayah Sumatera. Penghentian itu dikhawatirkan dapat berpengaruh bagi pasokan batu bara untuk penyedia listrik di wilayah Sumatera.

Maka dengan itu, ada dua poin yang disampaikan Dirjen Mineral dan Batubara melalui surat itu kepada Gubernur Jambi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: