4 Kecamatan di Kerinci Masih Terendam Banjir, Berikut Datanya

4 Kecamatan di Kerinci Masih Terendam Banjir, Berikut Datanya

Banjir di Kabupaten Kerinci-DOK Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Hingga saat ini sebagian wilayah di Kabupaten Kerinci masih terendam banjir.

Masih terdapat empat kecamatan di bagian hilir Kabupaten Kerinci yang masih terendam banjir, yakni Kecamatan Tanah Cogok, Kecamatan Keliling Danau, Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Danau Kerinci Barat. 

Lebih parah lagi jalan Provinsi Jambi di Keluru hingga Jujun masih belum bisa dilewati kendaraan. Warga yang melintas menggunakan roda dua harus menaiki perahu yang disiapkan warga setempat dengan biaya Rp 15 ribu sekali penyebarangan. Sedangkan rumah warga ada ribuan yang masih terendam di sejumlah desa wilayah Kerinci. 

“Hingga saat ini masih terdapat ribuan rumah di empat kecamatan wilayah hilir dan tenga tersebut yang masih terendam banjir,” ujar BPBD Kerinci.

Untuk membantu warga yang terdampak banjir, Pemerintah Kabupaten Kerinci terus berupaya melakukan evaluasi terkait kinerja dalam penanganan warga yang terdampak banjir.

Pj Bupati Kerinci Asraf dalam rapat yang dilaksanakan diperkantoran Bupati Kerinci Bukit Tengah menyampaikan dibeberapa titik lokasi banjir telah dibangun dapur umum serta menyalurkan bantuan berupa bahan makanan dan obat-obatan terhadap warga yang saya ini terdampak banjir

“Awalnya 14 kecamatan yang terendam banjir sekarang tinggal empat kecamatan lagi dan saat memimpin rapat di perkantoran Bupati Kerinci Bukit tengah, satgas bencana juga mengatakan di beberapa titik lokasi banjir saat ini sudah di bangun dapur umum dan satgas juga telah menyalurkan bantuan makanan dna obat obatan bagi warga yang masih terdampak banjir.”ungkap Asraf.

Sehingga status masa tanggap darurat bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kerinci, diperpanjang dan berlangsung hingga 28 Januari 2024 mendatang.

Banjir yang melanda Kabupaten kerinci saya ini merupakan banjir terparah yang pernah terjadi dan sangat Berdampak Terhadap Perekonomian Masyarakat di Kerinci.

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muaro Jambi melalui UPTD Puskesmas Rawat Inap Muara Kumpeh mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada warga terdampak banjir melalui puskesmas keliling.

Kepala UPTD Puskesmas Rawat Inap Muara Kumpeh Fadilah di Jambi, Jumat, mengatakan puskesmas keliling akan menjangkau posko banjir dengan layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis.

Dalam hal ini pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat desa setempat, dan layanan puskesmas keliling dilakukan secara terjadwal.

Sejak ada banjir, kata dia, Puskesmas Kumpeh sudah membuat posko dan mengoperasikan puskesmas keliling dengan menyiapkan tim gerak cepat, yang sudah melakukan pemantauan dan monitoring ke masyarakat secara terjadwal untuk turun ke desa khususnya yang terdampak banjir.

Keberadaan posko ini sesuai surat edaran Dinas Kesehatan Muaro Jambi dan tim gerak cepat untuk melakukan pemantauan dari pagi hingga sore hari guna memastikan masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan mendapat pelayanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: