Keren! Jambi Pecah Telur Punya Tol Pertama Tanpa Putus 8 Jam Sampai Lampung

Keren! Jambi Pecah Telur Punya Tol Pertama Tanpa Putus 8 Jam Sampai Lampung

Tol Tempino - Bayung Lencir mengejar target progres 50 persen. Terlihat situasi terkini di proyek tol Tempino hasil tangkapan youtube Lensa Youtuber--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Jambi akan pecah telur punya jalan tol pertama pada tahun 2024.

Jika tuntas semuanya, Tol Jambi itu akan membentang tanpa putus sampai ke Lampung sesuai dengan peta proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Rute untuk sampai ke Lampung dari Tol Jambi adalah dengan menempuh Tol Jambi Tempino – Betung – Palembang – Lampung.

Adapun Tol Jambi - Betung panjangnya nanti adalah 169,9 Kilometer.

Kemudian dilanjutkan dari Betung ke Palembang dengan menempuh Tol Kapalbetung (Kayu Agung - Palembang – Betung)  sepanjang 111,7 Km kemudian lanjut ke Lampung dengan jarak tempuh 371,5 km.

Total jarak yang ditempuh dari Jambi ke Lampung dengan naik JTTS adalah sekitar 653,1 Kilometer atau jika dirata-ratakan berkendara dengan kecepatan 80km/jam maka perjalanan Jambi – Lampung nantinya hanya akan menghabiskan waktu 8 Jam saja atau jika santai ditambah waktu beristirahat bisa sampai dengan menempuh waktu 9 jam perjalanan. 

Mengutip dari keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), kini ruas Tol Jambi dari arah Sumsel yang masih dalam proses konstruksi dan masih tahap persiapan yaitu Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness nanti akan mengarahkan ke Riau.

Yang saat ini sedang dibangun adalah Seksi 3 Tol Bayung LencirTempino dengan panjang total 34 km dan kini sedang dibangun adalah 15,47 Kilometer.

BACA JUGA:Sebelum Jokowi ke Jambi Warga yang Terdampak Tol Jambi-Betung Beramai-ramai Berangkat Umroh

"Tol ini akan menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung," tulis keterangan resmi BPJT Kementerian PUPR dikutip Selasa (29/12/2023).

Tol Tempino – Bayung Lencir sepanjang 15,47 Kilometer itu ditargetkan rampung pertengaha 2024.

Menurut  Ibnu Kurniawan, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah, Desember 2023 ini ditargetkan progres tol ini bisa mencapai 50 persen.

BACA JUGA:BERKAH TOL JAMBI! Warga Muaro Jambi Dapat Ganti Untung 19,5 Miliar

BACA JUGA:Ada Lahan Belum Dibayar Tol Jambi Siap-siap Bergerak dari Tempino ke Ness Berujung di Merlung

Pekerjaan tol Jambi pertama ini, juga merupakan sebuah upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas di Pulau Sumatera, khususnya antara Lampung, Sumsel dan Jambi.

Bayangkan, jika sebelum ada tol perjalanan bisa habiskan waktu hingga 5 jam, dengan adanya jalan tol cukup hanya 1,5 jam saja. “Menghemat waktu perjalanan hingga 50 persen," tulis BPJT.

BACA JUGA: Progres Jalan Tol Jambi Mulai Kelar, Selanjutnya Kejar Pembebasan Lahan di Ness dan Tanjab Barat

Pekerjaan Tol Jambi juga semakin mudah karena mendapat dukungan dari masyarakat Jambi termasuk Sumsel, kemudian didukung poula oleh pemerintah pusat, serta disambut dengan antusias pula oleh pemerintah daerah.

Adapun Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi yang panjangnya 136 Kilometer itu, dibiayai melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 km dan dukungan konstruksi Pemerintah sepanjang 34 km. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: