Sebelum Jokowi ke Jambi Warga yang Terdampak Tol Jambi-Betung Beramai-ramai Berangkat Umroh

Sebelum Jokowi ke Jambi Warga yang Terdampak Tol Jambi-Betung Beramai-ramai Berangkat Umroh

Presiden Jokowi saat berkunjung ke Jambi Selasa (17/5)-Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Ada cerita menarik dibalik pembangunan jalan tol Jambi-Betung khususnya pada seksi Mestong-Bayung Lencir.

 

Sebelum Presiden Jokowi datang ke Jambi Selasa 17 Mei 2023 kemarin, ternyata warga yang tanahnya terdampak jalan tol di Jambi telah beramai-ramai berangkat umroh dengan uang ganti untung yang mereka terima.

 

Salah satu Warga Desa Muara Sebapo Kecamatan Mestong kepada Jambi Ekspres mengatakan, sejak Desember hingga sebelum Ramadhan kemarin, sudah puluhan warga Sebapo yang berangkat ke tanah suci.

 

Mereka beramai-ramai melaksanakan ibadah umroh sebagai wujud syukur telah menerima lunas uang ganti untung tanah mereka yang terdampak seksi Tol Mestong-Bayung Lencir.

 

“Mereka berangkat ada yang satu keluarga dan berangkat rombongan dengan warga desa lain yang tanahnya juga terdampak tol,” lanjut pria yang enggan namanya disebut ini.

 

Apalagi nilai ganti untung yang diterima tidak kaleng-kaleng, nilainya miliaran.

 

Sejak November 2022 warga Kecamatan Mestong telah mulai menerima uang ganti untung pembangunan Tol Jambi-Betung seksi Mestong-Bayung Lencir.

 

Gubernur Jambi Al Haris yang menyerahkan langsung secara simbolis uang itu di Desa Sungai Landai Muaro Jambi.

 

Kata Al Haris ada 52 warga yang mendapatkan ganti untung pada hari itu dengan 72 bidang tanah. Total dana yang dikeluarkan pemerintah adalah 13,9 Miliar.

 

"Ini adalah kemajuan bagi kita Provinsi Jambi, ini adalah tahapan awal dan kita berharap bahwa tahapan selanjutnya akan segera berlangsung," ujarnya saat diwawancara wartawan.



Seperti kita ketahui, Tol Jambi-Betung dalam waktu dekat akan mulai dibangun. Saat ini telah ditandatangani kontrak kerja antara Hutama Karya selaku pengembang dengan pemerintah.

 

Kontrak dilakukan sehari setelah Jokowi datang ke Jambi. Jokowi datang Selasa 17 Mei 2023, kontrak dilakukan Rabu 18 Mei 2023.

 

Proses tanda tangan kontrak dilakukan di Gedung Direktorat Jenderal Bina Marga.

 

Ditandatangani secara langsung oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 Provinsi Jambi, Agung Ginanjar didampingi Kepala Balai Pembangunan Jalan Nasional Jambi, Ibnu Kurniawan dan Executive Vice President (EVP) Divisi Sipil Umum Hutama Karya, Ari Asmoko.

 

Setidaknya 6 desa akan terdampak pembangunan jalan tol ini. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Jambi-Betung 1 Mellia kepada Jambi Ekspres beberapa waktu lalu mengatakan Tol Jambi-Betung akan melewati 6 desa di Muaro Jambi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: