Progres Jalan Tol Jambi Mulai Kelar, Selanjutnya Kejar Pembebasan Lahan di Ness dan Tanjab Barat

 Progres Jalan Tol Jambi Mulai Kelar, Selanjutnya Kejar Pembebasan Lahan di Ness dan Tanjab Barat

Tol Jambi ruas Bayung Lencir-Tempino terus dikerjakan--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Progres Jalan Tol Trans Sumatera yang melintasi Jambi bertahap mulai rampung.

Selain pembangunan fisik di ruas Bayunglincir-Tempino Seksi 3 yang ditargetkan selesai pertengahan tahun 2024, lahan lanjutannya di Ness hingga Tanjung Jabung Barat dalam tahap perampungan pembayaran.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Wilayah Jambi Ibnu Kurniawan. Menurutnya, saat ini semua tengah berprogres. Dimana yang terdekat sedang dilakukan pekerjaan fisik di 15,47 Kilometer ruas Bayunglincir-Tempino.

"Progres pekerjaannya Pemancangan, perkerasan rigid beton, overpass dan pekerjaan tanah, dan ditargetkan 50 persen hingga akhir tahun," ungkapnya kepada Jambi Ekspres. 

Sementara setelah lahan, direncanakan akan dilanjutkan dengan pekerjaan jalan tol hingga Ness atau Pijoan. Adapun proses ruas itu, dari laporan PPK lahan terkait sedang dalam tahap penyiapan.

BACA JUGA:Ada Lahan Belum Dibayar Tol Jambi Siap-siap Bergerak dari Tempino ke Ness Berujung di Merlung

BACA JUGA:Tol Jambi akan Berujung di Daerah yang Pernah Dibom Belanda

"Untuk lahan pada tahap selanjutnya yang terkena untuk mainroad ada 3 desa. 2 Desa sudah dilakukan pembayaran dan tinggal 1 desa lagi yang akan segera di laksanakan Uang Ganti Rugi (UGK) di akhir bulan ini," sampai Ibnu. 

Sedangkan untuk, ruas lainnya pada Jambi-Batas Rengat juga sedang berprogres. Dari keterangan PPK lahan Jambi- Rengat ini, kata Ibnu, untuk progres penyelesaian sudah di tahap Musyawarah. Ada beberapa yang tinggal menunggu pengumuman hasil identifikasi dan inventarisasi dan ada 3 desa yang sudah dilakukan UGK.

Namun Ia mengakui masih terdapat kendala di ruas yang mayoritas terletak di Tanjung Jabung Barat ini dibanding ruas lainnya.

BACA JUGA:Penyebab 180 Bidang Tanah Tol Jambi-Betung Belum Dibebaskan

"Terkait permasalahan terhambatnya pendanaan untuk pembebasan tanah karena dana dibintang (diblokir) oleh LMAN dan adanya lahan tanah milik Kehutanan sepanjang kurang lebih 28 kilometer yang terkena jalan tol," katanya.

Namun pihaknya tetap melakukan percepatan agar tol Jambi segera tersambung."Insya Allah (ruas tol Jambi-Batas Rengat,red) akan dikerjakan juga sesuai hasil rapat terbatas pemerintah komitmen akan dilaksanakan sampai perbatasan Jambi dengan Riau," katanya.

BACA JUGA:Keren! Jambi Pecah Telur Punya Tol Pertama Tanpa Putus 8 Jam Sampai Lampung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: