Petahana DPD-RI Dapil Jambi Berhadapan Pendatang Baru

Petahana DPD-RI Dapil Jambi Berhadapan Pendatang Baru

M Syukur-Elviana-Ria Mayangsari-Sum Indra--

Dari uraian diatas sebenarnya kedudukan DPD RI adalah sangat strategis dalam memajukan kesejahteraan umum namun dalam praktek agaknya kekuatan DPD berada dibawah kekuatan DPR walaupun kekuatan DPD dibawah DPR namun untuk menjadi anggota DPD RI jauh lebih sulit dibanding meraih kursi Anggota DPR RI,

Pertama calon DPD RI tidak mempunyai kendaraan atau istilah lain mesin politik berupa partai politik yang akan bekerja memperjuagkan kemenangan dirinya. Calon anggota DPD RI harus membuat jaringan dan mesin politik sendiri diluar partai Politik, kedua oleh karena 1 provinsi dipilih 4 orang maka persaingan untuk masuk 4 besar dari puluhan calon anggota DPD RI sangatlah berat.

Untuk meraih kursi 4 besar dari sebuah provinsi yang besar penduduknya dibutuhkan ratusan ribu suara pemilih bahkan jutaan suara. Dalam praktek anggota DPD dari Provinsi Gemuk memperoleh perolehan suara diatas 1 juta sedangkan perolehan suara DPR dibawah seratus ribu suara pemilih.

Untuk mencapai 4 besar daearah pemilihan provinsi Jambi agaknya penulis tanpa mengurangi rasa hormat kepada kandidat yang lain penulis memprediksi  akan lolos 2 kandidat pendatang baru dan yang akan tetap bertahan agaknya M. Syukur yang akan maju di periode ke 4 dan Hj. Elviana yang akan memasuki periode Ke 3.

Dari pendatang baru ada 2 tokoh yang potensial yaitu Ivanda Awalina Firdaus Sukandar, putri dari Sukandar mantan Bupati Kabupaten Tebo 2 Periode agaknya dia mempunyai jaringan yang luas untuk pemilih di Kabupaten Tebo dan sekitanya dimana dia dan ibunya Saniatul Latifah dan juga bapaknya juga mencalonkan sebagai anggota legislatif di pemilu 2024, Ivanda Awalina akan bersaing ketat dengan Ria Mayang Sari anak dari Fachrori Umar mantan gubernur Jambi, yang tentu saja mempunyai basis dukungan kabupaten Bungo dan sekitarnya.

Sedangkan Sum Indra yang pernah menjadi wakil walikota tentu berjuang keras berlawanan dengan calon dari kota Jambi yaitu Rudi Ardiansyah dan Dharmawan yang mempunyai basis dukungan di kota Jambi siapa yang unggul menjadi 4 besar nantinya tergangung kepada suara pemilih seluruh pronvinsi Jambi pada tanggal 14 Februari 2024. wallahu'alambisyawab. (*)

*) Penulis adalah dosen program magister ilmu hukum Universitas Batanghari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: