Adu Strategi 5 Caleg Partai Demokrat Untuk Kursi DPR RI Dapil Jambi

Adu Strategi 5 Caleg Partai Demokrat Untuk Kursi DPR RI Dapil Jambi

Adu Strategi 5 Caleg Partai Demokrat Untuk Kursi DPR RI Dapil Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Peluang partai Demokrat untuk kembali meraih kursi DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jambi masih terbuka lebar pada Pemilu 2024. Pada Pemilu 2019 lalu, Demokrat bertengger pada posisi ke-5 dengan perolehan 156.812 suara.

Ditambah lagi saat ini beberapa nama besar mengisi daftar calon anggota legislatif (Caleg) partai berlambang merci tersebut. Artinya persaingan di internal akan semakin ketat terjadi dalam memperebutkan suara masyarakat.

Jika berkaca pada pemilu 2019 lalu, perolehan suara Demokrat di dominasi oleh Zulfikar Ahmad dengan raihan 72.333 suara. Perolehan ini menjadi acuan dan target Caleg meci bisa melenggang ke Senayan.  

Lalu siapa saja Caleg Demokrat dari Dapil Jambi? Pertama tentu ada nama Zulfikar Ahmad, Caleg petahana yang saat ini menduduki kursi DPR RI. Zulfikar merupakan mantan Bupati Kabupaten Bungo yang terpilih pada Pemilu 2019 lalu.

    Selain Zulfikar, ada juga nama mantan Kapolda Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol (Purn) Syafril Nursal. Pada Pilkada 2020 lalu, Syafril Nursal ikut mencalonkan diri sebagai calon wakil gubernur Jambi.

    Berikutnya nama Bursah Zarnubi mantan anggota DPR RI periode 2004-2019. Bursah Zarnubi bukanlah politisi sembarangan, ia merupakan Ketua Umum (Ketum) Partai Bintang Reformasi (PBR) dan pendiri Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGR).

    Tidak ketinggalan nama Sekretaris DPD Demokrat Provinsi Jambi, Syamsu Rizal atau yang akrab disapa bang Iday. Selain memegang posisi strategis di partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono, ia merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tebo.

    Terakhir ada nama Muhammad Zen, pengusaha muda yang memiliki banyak relasi politik. Ia memiliki pengalaman bisnis yang sukses di sektor tambang yang saat ini sudah meluas hingga ke beberapa Provinsi di Indonesia.

    Bursah Zarnubi mengatakan bahwa dirinya ditugaskan partai Demokrat untuk maju DPR RI Dapil Jambi.  Sebagai kader, dirinya harus siap karena mendapatkan mandat langsung dari partai.

“Sebagai kader tentu saya siap. Kebetulan Jambi ini juga wilayah saya, saya punya teman, keluarga dan jaringan, sedikit banyak saya tahu demografi dan geografi di sini," Jelasnya.

Berada di nomor urut 4, Bursah Zarnubi mengaku akan fokus berjuang dan berikhtiar. Menurutnya dalam ikhtiar berjuang, tidak ada sesuatu yang diperoleh dengan mudah, harus merasakan jatuh bangun.

"Saya mau ikhtiar itu, DPP menempatkan saya disini ya kita ikhtiar saja, soal hasil kita serahkan kepada Allah," ucapnya.

Sejak ditetapkan sebagai calon tetap, pria kelahiran Lahat, 29 Januari 1959 ini mengaku dirinya tengah bergegas melakukan kampanye, memperkenalkan diri kepada masyarakat dan memperkuat tim untuk pemenangan.

"Setinggi langit optimis saya, yang penting di wilayah pemilihan kita garap semua, termasuk fokus kita di Kota Jambi, Muaro Jambi, Merangin, Bungo, Tanjabtim, Tebo itu konsentrasi kita," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: