Israel Raja Kurma Dunia Dijual ke 7 Negara Ini, Nomor 6 Sahabat RI

Israel Raja Kurma Dunia Dijual ke 7 Negara Ini, Nomor 6 Sahabat RI

Hamparan perkebunan kurma yang dikembangkan Israel. Negara ini merupakan salah satu negara penghasil buah kurma terbesar dunia.-Tangkap layar IG @stateofisrael-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Israel merupakan salah satu negara yang merajai pasar buah kurma dunia setelah Arab Saudi.

Buah yang mengandung banyak karbohidrat dan nutrisi itu ternyata tumbuh subur dan dikembangkan oleh negara Israel dengan sangat serius.

Hasil penjualan buah kurma juga ikut menopang ekonomi negara tersebut. Israel juga terkenal memiliki buah kurma kualitas tinggi dan tumbuh subur.

Berdasarkan data statistik dunia, negara pengekspor buah kurma terbesar memang masih dipegang oleh Arab Saudi sebesar USD322,84 juta pada tahun 2021 lalu, atau setara Rp5,073 Triliun (nilai tukar saat ini Rp15.715,25).

Namun negara pengekspor buah kurma terbesar berikutnya setelah Arab Saudi ternyata dipegang oleh Negara Israel.

Israel pada tahun 2021 lalu mampu melakukan ekspor USD317 juta buah kurma, atau setara Rp.4,981 Triliun, hanya beda sedikit angkanya dengan nilai ekspor Arab Saudi.

Kurma asal Israel ini menembus berbagai negara. Diekspor ke banyak belahan bumi. Apakah termasuk Indonesia? Cek ini negara-negara tujuan ekspor buah kurma Israel berdasarkan data Israel Agri:

1.    Italia
2.    Inggris,
3.    Amerika Serikat,
4.    Belanda,
5.    Spanyol,
6.    Turki.
7.    Prancis

RI tidak termasuk dalam daftar negara tujuan ekspor kurma Israel meski pasar empuk, namun ternyata negara yang menjadi pembeli kurma Israel adalah sahabat RI yaitu Negara Turki.

Ditanam di Tanah Palestina yang Dirampas

Dimanakan Israel menanam pohon kurma? Kok bisa merajai ekspor kurma dunia?

Dikutip dari Al Jazeera , ternyata industri buah kurma Israel sangatlah agresif.

Bahkan sekitar 40 persen perkebunan kurma Israel ditanam di tanah-tanah hasil rampasan Israel di Palestina.

Tak hanya itu, air-air dari wilayah Palestina pula yang digunakan Israel untuk mengairi perkebunan kurma mereka.

Untuk mendukung industry perkebunan kurmanya, Israel merekrut orang-orang Palestina dengan gaji rendah, termasuk anak-anak, bekerja sebagai buruh tani di kebun-kebun yang mereka kelola.

Apakah warga Palestina tidak ada yang menanam kurma? Menurut informasi, industri buah kurma Palestina kian sulit ikut bersaing di tengah pendudukan Israel dan tekanan militer Israel.
 
Ilmuwan Israel Kembangkan Varietes Unggul

Israel termasuk negara yang sangat serius menggarap pasar kurma. Mereka bahkan mengerahkan ilmuwan dan peneliti mereka untuk ikut mendukunya.

Orang-orang pintar Israel terus mengembangkan varieties unggul kurma.

BACA JUGA:Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Beberapa jenis buah kurma unggulan yang telah banyak dihasilkan Israel diantaranya kurma medjoul, kurma deri, kurma hayani dan kurma dekel nour.

Bahkan ilmuwan Israel telah berhasil pula menumbuhkan tujuh pohon kurma yang usianya 2.000 tahun. Menurut hasil penelitian, biji kurma itu berasal dari zaman Nabi Isa.

BACA JUGA:Diejek Netizen Lemah, Segini Uang Israel Habis Buat Ngebom Gaza Dalam Sebulan Terakhir

Biji-biji tua itu ditemukan Israel di daerah Yudea Yerusalem yang tersimpan di istana kuno yang dibangun oleh Raja Herod Agung pada abad pertama masehi.

Peneliti Israel juga telah berhasil menumbuhkan kembali 32 biji kurma lainnya yang berasal dari situs arkeologis yang ada di Gurun Yudea. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: