Diejek Netizen Lemah, Segini Uang Israel Habis Buat Ngebom Gaza Dalam Sebulan Terakhir

Diejek Netizen Lemah, Segini Uang Israel Habis Buat Ngebom Gaza Dalam Sebulan Terakhir

Warga Gaza Utara berjalan kaki mengungsi ke Gaza Selatan pasca gempuran Israel tiada henti di wilayah tersebut-Tangkap Layar Instagram @Motaz_Azaiza-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Bukan kagum, Israel kini menjadi bahan olok-olokan dan ejekan banyak netizen karena dianggap telah menghambur-hamburkan banyak uang untuk mengebom Gaza Palestina dengan alasan menumpas Kelompok Hamas.

“Jika memang ngaku untuk menangkap Hamas, kenapa habis uang dan sampai membantai banyak orang, lemah kali,” ujar salah satu netizen di akun TikTok.

Israel juga dianggap tak berdaya, hanya bisa mengandalkan kekuatan besar keroyokan untuk menghadapi Gaza yang nyata-nyata telah ia kepung dengan tembok tinggi.

“Logika aja, kalau memang militer Lu (Israel) hebat, tinggal pake mata-mata dan sniper, cari aja Hamas yang jumlahnya ga seberapa, masa ini harus bunuh 11.000 orang dulu, itu pun belum tuntas juga, bodoh kali kau,” ujar netizen lainnya.

Dana Israel yang Dihabiskan untuk Serang Gaza

Israel diperkirakan telah menghabiskan uang dengan nilai USD51 Miliar untuk mendanai serangan demi serangannya di Gaza sejak sebulan terakhir.

Angka ini sangat fantastis, jika disetarakan dalam rupiah, angkanya hampir Rp800 Triliun dengan kurs Rp.15.704,20 saat ini.

Negara paling banyak mendukung dana untuk Israel adalah Amerika Serikat. Dilansir dari Al Jazeera, Amerika telah mendukung dana untuk Israel dengan total sebesar USD263 miliar atau setara Rp.4.130,20 Triliun.

Angka ini digelontorkan Amerika Serikat rutin sejak 77 tahun terakhir dari tahun 1946 hingga 2023.

Kekuatan Ekonomi Israel

Ekonomi Israel yang kuat menguasai 0,23 persen perekonomian dunia juga menjadi salah satu sumber kekuatan keuangan Israel.

PDB per kapita Israel menembus Rp668 Juta tahun 2022 lalu. Tentu saja, ini sangat jauh jika dibandingkan dengan Indonesia yang PDB per kapitanya hanya Rp71,0 juta.

Produk Domestik Bruto (PDB) Israel angkanya mencapai US$522,03 miliar atau setara Rp8.198,06 Triliun tahun 2022 lalu. Bahkan sejak 5 tahun terakhir PDB Israel terus melesat naik.

Bidang apa saja yang dikuasai Israel? Banyak sekali, mulai dari bidang medis, agroteknologi, bahan kimia, perangkat keras dan perangkat lunak komputer, elektronik medis, telekomunikasi.
 
Selain itu Israel juga menguasai perdagangan berlian dunia, negara itu juga memiliki teknologi berkualitas terbaik untuk pemotongan dan pemolesan berlian.

BACA JUGA:Asal Mula Kaum Yahudi Hingga Terbentuk Negara Israel dan Menguasai Wilayah Palestina

Bicara soal startup, Israel bahkan prestasinya mendekati Amerika Serikat dengan jumlah startup terbanyak. Beberapa startup Israel yang terkenal diantaranya Waze, Tailor Brands, Helios, Fireblocks dan lainnya.

BACA JUGA:Hamas Artinya Semangat, Apa Itu Hamas?

Jika selama ini kita hanya kenal Kurma dari Saudi Arabia, jangan salah, ternyata Israel tercatat sebagai penghasil kurma terbesar di dunia.

Kurma-kurma itu diekspor Israel ke beberapa negara diantaranya Amerika, Eropa, termasuk ke Turki. (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: