Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Mendampingi Presiden Jokowi dalam KTT Luar Biasa OKI di Riyadh--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), turut mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu, 11 November 2023.

Mereka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI). Dalam keterangannya, Zulkifli menyatakan bahwa kunjungan ini adalah untuk menghadiri KTT darurat OKI. "Alhamdulillah, baru sampai Riyadh menemani Bapak Presiden untuk menghadiri KTT darurat OKI," ujar Zulkifli pada Sabtu (11/11).

Penyelenggaraan KTT tersebut bertujuan untuk menegaskan sikap terkait konflik berkepanjangan antara Israel dan Hamas di Palestina. Zulkifli mengungkapkan keprihatinannya terhadap perang yang telah berlangsung lama dan menelan banyak korban, termasuk perempuan dan anak-anak.

Menurutnya, fasilitas umum, seperti tempat ibadah dan rumah sakit, mengalami kerusakan parah akibat konflik, khususnya di jalur Gaza. "KTT Luar Biasa OKI menyikapi agresi Israel terhadap Palestina," tambah Zulkifli.

Selain Presiden Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, kunjungan ini juga diikuti oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI di Riyadh. Pemerintah Indonesia berencana mengadakan pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara Muslim, termasuk Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim, Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan, dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Kunjungan ini menunjukkan komitmen Indonesia dalam menyuarakan solidaritas dengan Palestina dan mengambil peran aktif dalam upaya penyelesaian konflik di Timur Tengah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: