Target Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Kelar 2024, Yogyakarta-Semarang Hanya 1,5 Jam

 Target Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Kelar 2024, Yogyakarta-Semarang Hanya 1,5 Jam

Konektivitas antara Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta bakal semakin mudah dan cepat berkat jalan Tol Yogyakarta-Bawen.-BPJT-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Konektivitas antara Provinsi Jawa Tengah dengan DI Yogyakarta bakal semakin mudah dan cepat berkat jalan Tol Yogyakarta-Bawen.

Jika nanti sudah beroperasi penuh, akses perjalanan dari Semarang menuju Yogyakarta yang sebelumnya cukup lama dengan waktu sekitar 3 jam menjadi hanya 1,5 jam saja.

Untuk diketahui, Jalan Tol ini akan melintasi 2 Provinsi yaitu, Provinsi Jawa Tengah sepanjang 66,32 Km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,80 Km.

Jalan tol Bawen-Yogyakarta sepanjang 75,12 Km terbagi menjadi 6 Seksi antara lain Seksi 1 Yogyakarta – Banyurejo sepanjang 8,8 Km, Seksi 2 Banyurejo - Borobudur sepanjang 15,2 Km, Seksi 3 Borobudur – Magelang sepanjang 8,1 Km, Seksi 4 Magelang - Temanggung sepanjang 16,6 Km, Seksi 5 Temanggung – Ambarawa sepanjang 21,2 Km dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen sepanjang 5,12 Km.

BACA JUGA:Wow! HK Rilis Peta Jalan Tol Jambi-Rengat Plus Nama Daerah yang Akan Diterabas

BACA JUGA:Demi Jalan Tol Jambi-Rengat Hutan Riau Seluas 736 Kena Tebas!

Jalan Tol Yogyakarta - Bawen yang merupakan bagian Proyek Strategis Nasional (PSN) saat ini tengah dalam penyelesaian konstruksi khususnya pada Seksi 1 JC Sleman - SS Banyurejo.

Jalan Tol ini diharapkan semakin memperlancar arus distribusi barang dan jasa, pengembangan industri dan pariwisata serta meningkatkan konektivitas khususnya di sisi selatan Pulau Jawa.

Adapun terkait bangunan Cagar Budaya Padukuhan Pundong 2 Kalurahan Tirtoadi yang terkena Proyek Jalan Tol Yogyakarta - Bawen saat ini telah dilakukan survey dan review terkait Rincian Anggaran Biaya (RAB) untuk Relokasi Cagar Budaya oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Saat ini untuk Seksi 1 Yogyakarta - Banyurejo sepanjang 8,8 Km progres konstruksinya telah mencapai 59,93% yang ditargetkan rampung pada Kuartal 1 Tahun 2024 mendatang. 

Untuk Kontruksi Seksi 6 Ambarawa – Bawen Provinsi Jawa Tengah yang saat ini sudah dimulai pelaksanaannya, PT JJB sudah berkordinasi dengan Bupati Kabupaten Semarang terkait Izin memulai konstruksi di wilayah semarang. Saat ini sedang dilakukan Pekerjaan Pembersihan Lokasi Kerja, Timbunan Tanah dan Borpile.

Nantinya pada Seksi 6 SS Ambarawa-JC Bawen juga akan terkoneksi langsung dengan Jalan Tol Semarang-Solo. Kemudian rencana akan ada 6 Gerbang Tol di Ruas Jalan Tol Yogyakarta – Bawen. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: