5 Cara Self-Healing Praktis tanpa Buat Kantong Menjerit

5 Cara Self-Healing Praktis tanpa Buat Kantong Menjerit

5 Cara Self-Healing Praktis tanpa Buat Kantong Menjerit-Radar Banyumas-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Gawat menurut sebuat riset Kemenkes RI, ada 19 juta penduduk Indonesia yang memiliki usia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. 

Yang lebih mengejutkan lebih dari 12 juta penduduk yang berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi.

Bahkan berdasarkan Sistem Registrasi Sampel yang dilakukan Badan Litbangkes tahun 2016, data yang diperoleh setiap tahunnya sebanyak 1.800 orang bunuh diri setiap tahunnya.

Ini dapat diartikan setiap harinya ada 5 orang yang melakukan bunuh diri, dari jumlah ini 47.7 persen berada diusia 10-39 tahun yang merupakan usia remaja dan produktif.

Hal ini sangat menghakwatirkan karena menunjukkan jumlah masalah kesehatan jiwa di Indonesia cukup tinggi. 

Untuk saat ini Indonesia memiliki pravalensi orang memiliki masalah kesehatan jiwa sekitar 1 dari lima penduduk artinya sekitar 20 persen populasi di Indonesia itu mempinya potensi untuk memiliki masalah gangguan jiwa.

Berdasarkan berbagai data tersebut menjadikan penyembuhan kesehatan diri atau self-healing sangat dianjurkan.

Tetapi banyak yang ragu untuk melakukannya, karena takut harus mengeluarkan butget yang besar ditengah kondisi ekonomi yang sulit saat ini.

Lantas adakah cara self-healing dengan butget yang tidak besar dan tidak membuat kantong menjerit.

Ini dia cara self-healing mudah dan murah tetapi bisa menyembuhkan kesehatan mentalmu :

1. Staycation dan Istirahat dari Rutinitas Sejenak

Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi (8/2/2022), bila kamu sudah mulai merasakan nafsu makan dan kualitas tidur tenggangu, kurang fokus dalam melakukan kegiatan keseharian sehingga menjadikan produktifitas menurun.

Artinya kamu harus secepatnya meluangkan waktu untuk istirahat dan menghilang dari rutinitas yang ada dan lebih memperhatikan kondisi mentalmu.

Lakukan apa saja yang membuat dirimu senang, pikiran tenang dan perasaan merasa nyaman sehingga pikiran bisa recharged kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: