Jambi Ekspres Melihat Langsung Proses Produksi Motor Yamaha di Global Factory YIMM Karawang

Jambi Ekspres Melihat Langsung Proses Produksi Motor Yamaha di Global Factory YIMM Karawang

Proses produksi sepeda motor Yamaha dikerjakan oleh anak bangsa didukung teknologi modern untuk memenuhi pasar sepeda motor dalam dan luar negeri-Foto: Fauzi Yosi Esiska-

KARAWANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Jurnalis Jambi Ekspres mendapat kesempatan melihat langsung proses produksi sepeda motor Yamaha di Global Factory YIMM – West Java di Karawang.  

Bersama jurnalis dari berbagai media nasional lainnya, Jambi Ekspres menyaksikan bagaimana sepeda motor Yamaha dibuat oleh para anak bangsa dengan memanfaatkan teknologi moderen berstandarisasi global.

Rombongan awak media yang diundang juga melihat langsung bagaimana Yamaha sangat menjaga mutu kualitas sepeda motornya hingga akhirnya masuk ke pasar otomotif Indonesia.

Tak hanya itu, dari sini rombongan juga mengetahui produksi sepeda motor yang dikerjakan oleh anak bangsa juga untuk memenuhi pasar eskpor ke lebih dari 40 negara di dunia.

Adapun terkait jalannya acara, kunjungan pabrik dimulai dari Global Training Center (GTC) yang merupakan pusat pelatihan (Doujo) bagi para operator.

Di tempat tersebut, tim media dapat melihat upaya Yamaha dalam menyiapkan para operator baru agar dapat menjadi SDM yang unggul dan kompeten, sehingga siap bekerja di line produksi sesuai dengan standar keterampilan yang telah ditetapkan.

Setelah itu, tour pun berlanjut ke bagian Welding Line untuk menyaksikan proses pembuatan frame, baik itu proses pembentukan (bending) maupun pengelasan yang sudah memanfaatkan teknologi robotik.

Dari area Welding, rombongan kemudian bergerak ke area Engine Assy tempat perakitan mesin motor, dan dilanjut ke Body Assy tempat perakitan final sepeda motor hingga jadi.

Terakhir, para peserta factory visit diajak menyambangi area QE Show Room yang merupakan tempat pengecekan terakhir terhadap kualitas mutu sepeda motor Yamaha sebelum kemudian dikirimkan ke dealer.

Sebagai tambahan informasi, Global Factory YIMM – West Java merupakan pabrik ke-2 Yamaha yang berlokasi di Kawasan Industri KIIC, Karawang, Jawa Barat.

"Sebagai pabrik yang lebih modern dengan kapasitas produksi yang lebih besar, YIMM – WJ menjadi basis produksi untuk sepeda motor jenis Matic berkubikasi 155cc ke bawah seperti MAXI, CLASSY dan jajaran skutik Generasi 125 yang djual untuk pasar domestik maupun global. Selain itu, pabrik ini juga dipercaya untuk membuat mesin kendaraan berkapasitas besar. Seperti mesin MT-07 (700 cc) dan juga kendaraan roda 4 Wolverine (1.000 cc) yang memang diperuntukan untuk eskpor," tandasnya.

Dalam kegiatan turut hadir Takashi Kimoto  Production Director PT YIMM Takashi Kimotor, Production Director PT YIMM Teddy C Yacob, Vice President Director PT YIMM Takeshita Naotaka, Marketing Director PT YIMM Hiroshi Takeyama dan Deputy Director CS Division, PT YIMM Thosiaki Maeda. (yos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: