Bus KPK Singgah di Jambi Masyarakat Umum Boleh Ngintip Isinya, Banyak Hal Menarik

Bus KPK Singgah di Jambi Masyarakat Umum Boleh Ngintip Isinya, Banyak Hal Menarik

Pimpinan KPK RI Alexander Marwata saat meresmikan roadshow bus KPK di Kantor Gubernur Jambi Kamis (14/9/2023)-Foto: Andri/Jambi Ekspres-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Bus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) singgah di JAMBI.

Kehadiran Bus KPK ini merupakan rangkaian roadshow KPK di Sumatera. Titik kegiatan roadshow Bus KPK di JAMBI dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur JAMBI.

Roadshow Bus KPK akan dilaksanakan mulai hari ini Kamis (14/9) hingga Sabtu besok dengan mengambil tema, Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi.

Pimpinan KPK RI Alexander Marwata yang langsung membuka perhelatan selama sepekan ini, mengatakan tujuan  kehadiran acara ini agar bisa meningkatkan kesadaran antikorupsi masyarakat.

"Dengan meningkatkan kesadaran dampaknya akan luar biasa. Karena masyarakat (acap, red) tak memahami kenapa jalan umum itu cepat rusak, misalnya masalahnya terkait proyek ada fee, pungli suap dan sebagainya hingga pelayanan publik tak maksimal," ucap Wakil Ketua KPK ini.

Lanjutnya, KPK ingin masyarakat lebih peduli dan terlibat melakukan pengawasan.

Dimana juga dibuat pendidikan anti Korupsi mulai dari dini. Seperti pada rangkaian roadshow ini juga ada kegiatan Edukasi pada anak Taman Kanak-Kanak (TK).

"Bahkan mulai dari anak TK dimulai kesadaran, dari anak kecil ditanamkan nilai sederhana antikorupsi," katanya.

"Juga harus dibangun integritas dari masyarakat dan birokrat. apalagi tahun depan ada pemilu agar masyarakat memilih pimpinan cerdas dan berintegritas," terangnya.


Peresmian roadshow Bus KPK di Provinsi Jambi-Foto: Andri/Jambi Ekspres-

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Jambi Al Haris  sangat mengapresiasi roadshow bus KPK. Karena ia meyakini akan memberikan dampak luar biasa terutama pendidikan antikorupsi. "Kalau sudah diisi mental kokoh antikorupsi, apapun jabatan bisa bertahan (nuraninya)," sebut Haris.

Haris menyatakan untuk dikalangan OPD pemprov Jambi telah ditekankan agar hidup sederhana karena itu merupakan cerminan bertindak sehari-hari.

"Kalau digunakan budaya hidup kurang, itu intinya jangan membuat sesuatu diluar hak kita , sistemnya juga saya minta perbanyak e- katalog kurangi lelang pihak ketika," sebutnya.

Di lokasi acara tampak puluhan booth pelayanan publik dan UMKM. Seperti booth yang melayani pelayanan publik Dinas Sosial Kependudukan dan Capil, BPJS Kesehatan dan lainnya.

Sementara untuk bus KPK terparkir di depan pendopo kantor gubernur. Di dalam bus berukuran mobil Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) berwarna biru langit itu ada petugas yang melayani pelayanan LHKPN, Survei Penilaian Intergritas (SPI).

Juga di dalamnya ada televisi yang menampilkan film sinematik antikorupsi, serta komik dan buki bacaan bertema sama. Adapun bus ini berada di Jambi setelah sebelumnya menyambangi Provinsi Bengkulu.(aan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: