Fenomenal! Sumbar Punya Pulau yang Airnya Bisa Terbelah

Fenomenal! Sumbar Punya Pulau yang Airnya Bisa Terbelah

Pulau di Sumbar yang airnya bisa terbelah menjadi destinasi menarik bagi wisatawan-Foto: Googe Map-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Fenomenal! Ternyata Sumatera Barat (Sumbar) punya sebuah pulau yang airnya bisa terbelah bahkan lokasinya tak jauh dari Kota Padang.

Namanya adalah Pulau Pisang Ketek. Ketek artinya kecil. Kebetulan Pulau Pisang memang ada dua di Padang, ada yang besar namanya Pulau Pisang Gadang (besar) dan ada yang kecil dengan nama Pulau Pisang Ketek (kecil).

Menuju ke Pulau Pisang Ketek kita bisa menyewa jasa kapal motor atau kapal yang menggunakan mesin diesel.


Namun fenomenalnya, jika kita sedang beruntung, bertemu air sedang dalam kondisi terbelah, maka perjalanan menuju Pulau Pisang Ketek bisa kita lakukan dengan berjalan kaki saja, tanpa harus naik kapal.

Kenapa airnya bisa terbelah? Karena ternyata posisi pulau ini tak jauh dari bibir pantai yang dipenuhi pasir dan juga batu karang.

Jika sedang surut, maka air laut menyusut dan membelah lautan lalu yang tersisa hanyalah batu karang dan pasir sehingga bisa berjalan kaki saja ke pulau fenomenal itu.

Menunggu pasang surut, menunggu pulau terbelah, memang jadi momen asyik dan jadi detik-detik menarik tersendiri bagi siapa saja yang hendak menyeberangi pulau ini.

Kebanyakan pengunjung tak mau ke Pulau Pisang Ketek ini menggunakan kapal, namun memang sengaja menunggu air laut terbelah lalu berlari-lari kecil menuju pulau.

Mengutip situs resmi padang.go.id, disebut bahwa Pulau Pisang Ketek adalah sebuah pulau yang tidak berpenghuni dan juga bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Untuk menuju pulau ini, kita cukup menunggu air terbelah dari Pantai Air Manis Padang.

Lokasi Pulau Pisang Ketek terletak hanya beberapa ratus meter saja dari Pantai Air Manis.

Pada saat pasang surut, ketinggian air terkadang hanya mencapai 20 cm. Sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki dengan air dangkal seperti itu.

BACA JUGA:Mengapa Tol Padang-Pekanbaru Ditaksir Investor Asing? China Juga Mau

Namun saat pasang sedang naik, air yang mengelilingi Pulau Pisang Ketek bisa mencapai 1,5 meter, jadi mau tak mau kita harus jangkau dengan naik kapal motor.

Lantas bagaimana pula susasana di Pulau Pisang Ketek? Ternyata sangatlah indah. Lokasi pulau ini berada pada kelandaian permukaan sekitar 0 hingga 15 meter.

Ada banyak sekali tumbuhan kelapa yang tumbuh di daratan pulau ini. Jadi saat datang di Pulau ini kita akan merasakan semilir angin pantai dan deru ombak dengan lambaian daun kelapa yang cantik.

Karena ini adalah pulau tanpa penghuni, sangat nyaman pula ke sini untuk sekedar melepas lelah, melepas telinga dari bunyi kendaraan dan fokus dengan suara-suara alam.

Kebanyakan pengunjung yang datang membawa sendiri makanan, entah itu menu untuk makan siang atau sekedar cemilan dan minuman.

Tapi ingat, ke sini kita harus tetap menjaga kebersihan pulau, jika perlu sampah-sampah plastic dibawa kembali ke seberang saat pulangnya nanti.

BACA JUGA:Amboi.. Pesona Kecantikan Tol Padang-Sicincin Mulai Tersingkap

BACA JUGA:Belum Ada Kejelasan Kapan Diganti Rugi Warga Sumbar Tanam Padi di Lokasi Exit Tol Padang-Sicincin

Lantas bagaimana dengan Pulau Pisang Gadang? Ternyata lokasinya tak jauh dari Pulau Pisang Ketek.

Berbeda dengan Pulau Pisang Ketek tyang airnya bisa terbelah, untuk mencapai Pulau Pisang Gadang maka anda harus menggunakan jasa sewa kapal motor yang bisa dilakukan di daerah Pantai Air Manis, Teluk Bungus.

Atau pun bisa dari daerah Muaro Padang dengan waktu tempuh kurang dari 30 menit.
Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang, keduanya memang memilkiki pesonanya masing-masing.

Sangat cocok untuk anda yang mencintai wisata alam, mencintai pantai dan mencintau pulau, tak kalah panting juga bisa jauh dari hiruk pikuk kota dan tak mesti jauh dari kota karena pulau ini sangat dekat dari Kota Padang.

Bagaimana? Tertarik mencoba? Segera siapkan waktu yang tepat bersama orang-orang terdekat. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: