Amboi.. Pesona Kecantikan Tol Padang-Sicincin Mulai Tersingkap

Amboi.. Pesona Kecantikan Tol Padang-Sicincin Mulai Tersingkap

Salah satu pemandangan di ruas Tol Padang-Sicincin di Parit Malintang yang kini hampir rampung-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Sesuai instruksi Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono, Tol Sumbar harus memperhatikan estetika dan landscaping, dan kini pesona kecantikan itu mulai tersingkap di Tol Padang-Sicincin.

Ruas Tol Padang-Sicincin memang didesain melewati trase dengan pemandangan kiri kanan depan belakang yang indah dan menonjolkan keindahan alam Sumatera Barat (Sumbar).

Perbukitan dan Hamparan Sawah

Terbaru, ini sudah terasa dan terlihat di salah satu ruas tol yang kontruksinya hampir saja rampung yaitu di Kawasan Parit Malintang.

Pantauan Jambi Ekspres melalui akun youtube Minang Yes yang diambil pada Jumat 26 Agustus 2023, terlihat trase tol di Kawasan ini melewati pemandangan alam yang menarik, perbukitan dan juga hamparan sawah serta kiri dan kanan terdapat banyak pohon kelapa.

Ruas Tol Padang-Sicincin memang banyak membelah perbukitan dan menimbun persawahan.
 
Sumbar sebagai dearah wisata yang memiliki pesona alam yang banyak, dengan kehadiran jalan tol ini kian menyingkap spot-spot baru yang selama ini jarang terekspose.

Air Jernih Bendungan Anai

Tak hanya pegunungan dan hamparan sawah, Tol Padang Sicincin nantinya juga akan melwati Air jernih yang mengalir di saluran irigasi Bendungan Anai akan masuk dalam trase proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ini.

Saluran irigasi Bendungan Anai yang akan disalip Tol Padang-Pekanbaru itu berada di Kenagarian Pasia Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumbar, tepatnya di ruas Tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin.

Aliran irigasi Bendungan Anai selama ini memang sangat terkenal indah dan cantik karena mengaliri air yang sangat jernih dengan pemandangan alam sekitar yang hijau dan tampak barisan perbukitan.


Ilustrasi Pemandangan indah di aliran sungai Bendungan Anai. -Foto: Tangkap Layar Youtube Ajho Dian-

Bahkan beberapa Kawasan di pinggir aliran sungai Bendungan Anai juga dijadikan sebagai tempat wisata oleh nagari setempat.

Situasi di aliran Bendungan Anai ini, sekilas terlihat seperti pemandangan di sungai-sungai di Eropa, rancak bana, bersih, rapi dan sangat segar dipandang.

Saat ini trase tol telah mendekati ke pinggir sungai aliran Bendungan Anai, terlihat lahan sudah dibersihkan bahkan sudah ditimbun, akan ada jembatan yang akan menyeberangi aliran sungai dari Bendungan Anai nantinya.

Lokasi aliran Bendungan Anai yang akan diseberangi JTTS Tol Padang-Pekanbaru ini berada di sekitar STA 20, atau 20 kilometer dari titik awal pekerjaan di gerbang Tol Kawasan by pass di Kota Padang.

BACA JUGA:Belum Ada Kejelasan Kapan Diganti Rugi Warga Sumbar Tanam Padi di Lokasi Exit Tol Padang-Sicincin

Rel Kereta Api

Sumatera Barat yang memiliki banyak jalur rel kereta api akan banyak pula berisiran dengan trase Tol Sumbar.

Sangat rancak dan estetik! proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Sumbar tak hanya mengiris-ngiris rel kereta namun juga ada yang berdampingan dengan rel kereta api.  

Fly over tol di Nagari Buayan Lubuk Alung misalnya, nantinya akan menyalip rel kereta api di KM 13 Tol Padang-Sicincin.

Nantinya, pengendara yang beruntung, sedang melewati jalan tol akan bisa berselisih saling menyalib dengan kereta api, kendaraan berada di atas tol, kereta api ada di bawahnya.


Kolom fly over Tol Padang-Sicincin di Nagari Buayan Lubuk Alung akan menyalib rel kereta api-Foto: Tangkap Layar Youtube Minang Yes-

Tak hanya menyuguhkan pemandangan perbukitan dan hamparan sawah, Tol Padang-Sicincin nantinya juga akan memberikan pengguna tol sensasi menyalip kereta api dari atas overpass, sungguh elok dan estetik.

Tol Padang-Sicincin memiliki main road sepanjang 36 Kilometer yang dilengkapi dengan 2 overpass atau jalan layang.

Dan dari atas overpass inilah nanti, jika sedang beruntung, pengendara bisa bertemu kereta api yang sedang lewat dan akan merasakan sensasi menyalip kereta api dari ketinggian overpass.

Momen ini bisa pula dirasakan di STA 12 di Nagari Buayan Batang Anai Padang Pariaman dan Kawasan Kayu Kapur Nagari Sungai Bulu Selatan di STA 6 ruas Tol Padang-Sicincin.

Mengapa ada kereta api? Karena jalan Tol Padang-Sicincin ini memang akan melewati beberapa jalur rel PT Kereta Api Indonesia divre Sumbar.

BACA JUGA:Empat Cerita ‘Horor’ Selama Pembangunan Ruas Tol Padang-Pekanbaru di Wilayah Sumbar

BACA JUGA:Awas! HKI Tempel Peringatan ‘Waspada Buaya’ di Lokasi Proyek Tol Padang-Pekanbaru, Sungainya Ngeri Kali

Instruksi Khusus Menteri untuk Tol Sumbar

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit saat melakukan kunjungan ke lokasi Tol Pekanbaru - Padang pada Seksi Padang – Sicincin beberapa waktu lalu mengatakan pembangunan tol ini para pekerja harus fokus pada instruksi Menteri PUPR.

Fokus utama yaitu pada kualitas dari jalan tol, kemudian fokus  kedua adalah memperhatikan nilai estetika dengan landscaping yang bagus dan ketiga tetap menjaga dan memperhatikan keberlanjutan lingkungan sekitarnya.


Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit melakukan kunjungan lapangan mengecek pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang pada Seksi Padang - Sicincin.-Dok Humas BPJT-

Kehadiran Jalan Tol Padang - Sicincin kata Danang memiliki banyak manfaat untuk akses kendaraan, dengan bonus beragam wisata yang menarik melalui budaya dan pesona alamnya.

Ruas Tol Padang - Sicincin sepanjang 36 km ini ditargetkan rampung Juni 2024 mendatang.

BACA JUGA:Bukan di Sumbar, Ternyata Ada Terowongan Lebih Bikin Merinding di Proyek JTTS


“ Pembangunan ruas tol ini  harus terlaksana dengan baik agar bisa menghasilkan kualitas yang prima dan dapat segera dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, Mudah-mudahan harapan kita pada periode mudik lebaran tahun 2024 mendatang Jalan tol ini dapat dimanfaatkan masyarakat secara fungsional," kata Danang lagi. (dpc)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: