Perang Bintang Merebut Kursi Senayan, Berikut Nama-Nama Calon DPR RI Dapil Jambi

Perang Bintang Merebut Kursi Senayan, Berikut Nama-Nama Calon DPR RI Dapil Jambi

Pemilu 2024--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID– Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan Daftar Calon Sementara (DCS) untuk DPR RI pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Untuk daerah pemilihan (Dapil) Jambi terdapat sejumlah nama besar yang memastikan diri akan bertarung dalam perebutan kursi Senayan tersebut.

Bahkan nomor urut kandidat juga sudah ditetapkan masing-masing partai. Itu artinya komposisi nama-nama Bacaleg kemungkinan besar tidak akan jauh berubah hingga penetapan Daftar Calon Tetap (DCT).

Dari komposisi DCS ini, beberapa partai yang berpotensi besar mendapatkan jatah kursi Senayan mulai terlihat. Bahkan diantara partai ini juga berpotensi mendapat jatah 2 kursi.

Pertama ada Golkar dengan 4 nama kandidat yang menjadi mesin pendulang suara. Ada Cek Endra Ketua DPD I Golkar Provinsi Jambi, Asafri Jaya Bakri (AJB) mantan Walikota Sungai Penuh serta dua kandidat petahana Hasan Basri Agus dan Saniatul Lativa.

Partai berlambang pohon beringin ini paling berpeluang mengulang kemenangan manis 2 kursi Senayan seperti Pemilu 2019 lalu. Dua kandidat petahana ditambah dua kekuatan mantan kepala daerah membuat Golkar tampak percaya diri.

Kemudian ada juga PDI Perjuangan yang juga berpotensi 2 kursi dengan memasang Edi Purwanto, Ihsan Yunus, Ratu Manawaroh dan Safrial. Gerindra juga tidak kalah jago, ada Sutan Adil Hendra, Rocky Candra dan Harifar Syafar.

Kemudian PAN ada H Bakri dan Adi Rozal Bupati Kerinci. NasDem ada Sy Fasha Walikota Jambi, Hasbi Ansory dan Nuzran Joher. Demokrat ada Zulfikar Ahmad, Syafril Nursal dan Syamsurizal alias Iday. Sedangkan PKS ada Muhammad Fahtul Bari dan Ami Taher. PKB ada Elpisina, Faizal Kadni, Umar Hasibuan (Gus Umar).

Pengamat politik Pahrudin mengatakan bahwa setelah penetapan DCS gambaran pertarungan pada Pileg 2024 sudah terlihat. Tapi dari survei pihaknya sejak Februari hingga Agustus ini, terdapat beberapa nama yang paling potensial menduduki kursi Senayan.

“Ada beberapa nama yang paling aman berdasarkan survei kami sejak Februari hingga Agustus ini. Mereka ini berpotensi besar menduduki kursi Senayan,” ujarnya, Minggu (20/8) kemarin.

Peneliti Publik Trust Institut (Putin) ini menyebutkan, nama yang paling aman adalah HBA yang merupakan politisi Golkar yang merupakan kandidat petahana. Hingga Agustus 2023, nama HBA selalu berada pada posisi teratas. “Dari sisi popularitas HBA menjadi kandidat yang paling berpeluang. Ini hasil survei kita,” sebutnya.

Kemudian, kata Pahrudin, nama-nama lain yakni ada petahana, pimpinan partai besar seperti PAN, Golkar, Gerindra dan PDI Perjuangan. Disamping itu, kouta lainnya bisa diperebutkan elit dan para tokoh yang muncul pada Pileg 2024.

“Meski HBA teratas tapi pertarungannya masih kompetitif sekali. Itu karena yang bertarung ini adalah nama-nama besar,” sebutnya.

Misalnya, kata pahrudin, di partai Golkar ada Cek Endra yang merupakan pimpinan partai dan mantan kepala daerah. Begitu juga dengan Saniatul Lativa yang merupakan kandidat petahana. “Di Golkar ini saya pikir bisa berpotensi 2 kursi,” sebutnya.

Sedangkan di Gerindra, menurutnya tidak jauh dari Sutan Adil Hendra. Adapun jika kursi kedua memungkinkan ada nama Rocky Candra. Begitu juga dengan Demokrat juga menarik karena ada nama baru seperti Syafril Nursal, Syamsurizal yang mendampingi Zulfikar Ahmad selaku petahana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: