Jalan Tol Semarang-Demak, Solusi Atasi Kemacetan di Kaligawe Menuju Bandara Ahmad Yani Semarang

 Jalan Tol Semarang-Demak, Solusi Atasi Kemacetan di Kaligawe Menuju Bandara Ahmad Yani Semarang

Bandar Udara Ahmad Yani Semarang--

SEMARANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan Tol Semarang-Demak ternyata sangat istimewa.

Tak hanya untuk membuka konektivitas di wilayah utara Jawa Tengah juga untuk menghubungkan Koridor pantai utara jawa. Koridor ini akan menghubungkan, Semarang, Demak, Rembang, Tuban dan Gresik,

Keistimewanya jalan tol Semarang-Demak juga untuk mengatasi kemacetan berpuluh-puluhan tahun di Kaligawe menuju Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.

“Jalan tol ini kita harapkan akan mengurangi kemacetan lalu lintas secara signifikan Kaligawe dan Bandar Udara Ahmad Yani, ini yang sudah berpuluh-puluh tahun selalu macet baik karena kendaraan-kendaraan besar yang semuanya lewat di jalur ini,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari Pemprov Jateng.

BACA JUGA:Persoalan Tanah ‘Lenyap’ Bikin Tol Semarang-Demak Jadi Molor Rampung

Selain itu lanjut Presiden Jokowi, keistimewaan jalan tol  Semarang-Demak adalah fungsinya yang tak hanya sebagai penghubung. Tetapi juga sebagai tanggul laut yang akan berfungsi sebagai pengendalian banjir.

“Jalan Tol Semarang Demak ini juga akan berfungsi untuk pengendalian banjir, dengan adanya fungsi kolam retensi, adanya nanti tanggul laut, dan pengembangan area yang tadinya terendam menjadi kering,” ujar Jokowi.

Sebagai informasi pembangunan tanggul laut Kota Semarang ini memiliki panjang total 26,70 Km terbagi menjadi dua seksi. Seksi I yaitu Kaligawe-Sayung sepanjang 10,39 Km yang saat ini sedang dikerjakan dan seksi II yaitu Sayung – Demak yang sepanjang 16,31 Km sudah beroperasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: