Ratusan KK ‘Uhang Kincai’ Tinggal di Bougenville Regency dan Sekitarnya, K3BR Berupaya Menyatukan

Ratusan KK ‘Uhang Kincai’ Tinggal di Bougenville Regency dan Sekitarnya, K3BR Berupaya Menyatukan

Pengukuhan pengurus K3BR Sabtu 12 Agustus 2023di Perumahan Bougenviile -Foto: istimewa-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Ratusan KK ‘Uhang Kincai’ diperkirakan tinggal di Bougenville Regency dan sekitarnya.

Tak bisa dipungkiri, dimanapun berada selalu banyak ‘Uhang Kincai’ merantau, mereka tinggal di berbagai wilayah, termasuk di Bougenville Regency dan sekitarnya, tepatnya di Kelurahan Kenali Besar Kecamatan Alam Barajo Kota Jambi.

Uhang Kincai merupakan sebutan bagi masyarakat asal Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh.

Dan khusus di Perumahan Bougenville, Perumahan Permata Regency dan sekitarnya, jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan KK.

Hal ini diketahui setelah aktif kembali persatuan bernama  Kerukunan Keluarga Kerinci Bougenville Regency Sekitarnya (K3BR).

Kehadiran K3BR diharapkan bisa menjadi wadah untuk kembali menyatukan Uhang Kincai agar tetap bisa menjaga silaturahmi satu sama lain yang mungkin selama ini jarang berjumpa dan tidak pernah berinteraksi, padahal hidup di lingkungan yang sama, satu komplek bahkan berdekatan.

Pengurus K3BR telah pula dilantik pada Sabtu 12 Agustus 2023. Dipilih menjadi Ketua yakni Elva Satria, Sekretaris Pahrul Ilmi dan Bendahara Letda caj. Matraflis. Sementara diminta menjadi penasehat yaitu Artur yaitu seorang pemuka masyarakat Kincai yang berdomisili di Kecamatan Alam Barajo.

BACA JUGA:Jika Tol Pekanbaru-Padang Finish Orang Malaysia Bisa ke Gunung Kerinci Sehari Sampai Singgah di Bukittinggi

Bougenville termasuk perumahan yang padat penduduk di Kota Jambi, masyarakat dari berbagai suku pun tinggal di perumahan ini. Dan Uhang Kincai termasuk salah satu yang terbanyak tinggal di perumahan yang telah ada sejak tahun 1990an ini.

Meski belum terdata secara keseluruhan, namun melalui K3BR diharapkan nanti bisa terkumpul kembali satu per satu data Uhang Kincai yang tinggal di Bougenville Regency dan sekitarnya.

Ketua K3BR Elva Satria mengatakan, dengan dibentuknya pengurus K3BR yang baru ini, diharapkan kian bisa menyatukan Uhang Kincai dari waktu ke waktu di Bougenville Regency dan sekitarnya. “Merajut kebersamaan, menyambung yang terputus dan mengumpul yang terserak” ujarnya.

BACA JUGA:Target Jokowi Orang Jakarta Bisa Nginjak Kaki Gunung Kerinci Pergi Malam Sampai Sore Via Tol Palembang-Jambi

Ia juga mengajak masyarakat Bougenville Regency dan sekitarnya yang belum bergabung, bisa ikut bersatu dalam K3BR, mengingat ke depan akan banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama untuk kebaikan bersama juga.  


Turut hadir dalam pengukuhan pengurus yang baru di Lapangan RT 24 itu beberapa tokoh masyarakat Kerinci diantaranya Guru Besar Universitas Jambi (Unja), Prof Damris M MSc PhD CiQaR, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi Asraf Zain SPt MSi, Camat Alam Barajo Iper Riyansuni SPd MPd, anggota DPRD Kota Jambi H Muslimin dan Andriyani, AKBP (P) Suhadi Soultan, Ketua Himpunan Keluarga Sungai Liuk Jambi dan deretan tokoh asal Kincai lainnya. (dpc)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: