Target Jokowi Orang Jakarta Bisa Nginjak Kaki Gunung Kerinci Pergi Malam Sampai Sore Via Tol Palembang-Jambi

Target Jokowi Orang Jakarta Bisa Nginjak Kaki Gunung Kerinci Pergi Malam Sampai Sore Via Tol Palembang-Jambi

Dari Jakarta ke kaki Gunung Kerinci Jambi semakin dekat naik Tol Palembang-Jambi -Foto: Googe Map-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Tahun 2024 Jokowi menargetkan backbone Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dari Bakauheni hingga Jambi bisa tersambung utuh. Artinya jika ini rampung maka orang Jakarta bisa nginjak kaki gunung tertinggi di Sumatera Gunung Kerinci pergi malam sampai di sana sore.


Presiden Jokowi memang menargetkan Tahun 2024 Tol dari Bakauheni hingga Jambi bisa tersambung, hal ini disampaikan Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo usai penandatanganan transaksi investasi antara PT Hutama Karya dan INA di Jakarta baru-baru ini.


Jika ini benar-benar terwujud, maka betapa mudahnya orang Jakarta mau kemana saja di Sumatera, termasuk ke kaki Gunung Kerinci yang terkenal indah dengan hamparan kebun teh terluas se Asia Tenggara, mencapai 2.000 hektar, mengalahkan kebun teh di Puncak Bogor yang tak sampai 700 hektar.


Bagaimana caranya berangkat ke kaki Gunung Kerinci dari Jakarta? Berikut panduannya.


Pertama, dari Jakarta gunakan gerbang tol mana saja menuju Pelabuhan Bakauheni melalui Tol Jakarta Merak sepanjang 72 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit-1 jam saja.


Kemudian melakukan penyeberangan dengan kapal dari Merak ke Pelabuhan Bakauheni dengan waktu sekitar 3 jam termasuk proses antri dan pembelian tiket.


Dari Pelabuhan Bakauheni segera menuju gerbang Tol Pakauheni-Palembang. Dari sini perjalanan hanya membutuhkan  waktu 4 hingga 4,5 jam dengan Panjang bentang tol 371,5 Kilometer.


Dari Palembang perjalanan dilanjutkan melalui Tol Palembang-Betung selama kurang lebih 1,5 jam menempuh 111,7 kilometer jalan tol.


Sesampai di Betung perjalanan dilanjutkan ke Jambi melalui Tol Betung-Jambi sepanjang 169 Kilometer. Jika menggunakan kecepatan standar 80 km per jam maka dalam waktu 2 jam kita sudah sampai di Kota Jambi.


Nah dari Kota Jambi ini, kita melanjutkan perjalanan melalui jalan lintas sumatera, jalan nasional Jambi – Kerinci sekitar 430 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.

BACA JUGA:Jika Tol Pekanbaru-Padang Finish Orang Malaysia Bisa ke Gunung Kerinci Sehari Sampai Singgah di Bukittinggi

BACA JUGA:Belum Hilang Merinding di Lawang Sewu, 1,5 Jam Naik Tol Semarang-Yogyakarta Gemetaran Lagi di Benteng Vredebur

Jadi bisa diperkirakan, jika berangkat dari Jakarta hari Jumat Pukul 19.00 malam maka kita akan sampai di kaki Gunung Kerinci pada Sabtu Sore sekitar pukul 16:00.


Selamat malam minggu di kaki Gunung Kerinci. Jangan lupa gunakan jaket tebal karena suhu di sini amatlah dingin, bahkan saat tertentu bisa mencapai 10 hingga 15 derajat celcius.

Tol Bakauheni hingga Jambi, kata Wamen BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo yang biasa disapa Tiko ini, masuk dalam program tahap 1 dan tahap 2 JTTS yang ditargetkan rampung akhir 2024.

“Jadi kalau tahap 1 dan 2 ke Jambi (dari Bakauheni) itu sampai 2024 akhir,” ujar Tiko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: