Air Jernih Bendungan Anai Dilewati Trase Tol Padang-Pekanbaru

Air Jernih Bendungan Anai Dilewati Trase Tol Padang-Pekanbaru

Ilustrasi Pemandangan indah di aliran sungai Bendungan Anai. -Foto: Tangkap Layar Youtube Ajho Dian-

SUMBAR, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Air jernih yang mengalir di saluran irigasi Bendungan Anai akan masuk dalam trase Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Tol Padang-Pekanbaru.

 

Saluran irigasi Bendungan Anai yang akan disalip Tol Padang-Pekanbaru itu berada di Kenagarian Pasia Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman Sumbar, tepatnya di ruas Tol Padang-Pekanbaru seksi Padang-Sicincin.

Aliran irigasi Bendungan Anai selama ini memang sangat terkenal indah dan cantik karena mengaliri air yang sangat jernih dengan pemandangan alam sekitar yang hijau dan tampak barisan perbukitan.

Bahkan beberapa Kawasan di pinggir aliran sungai Bendungan Anai juga dijadikan sebagai tempat wisata oleh nagari setempat.

Melihat situasi di sekitar trase tol yang akan menyeberangi saluran irigasi Bendungan Anai, melalui akun Youtube Minang Yes, terlihat pinggir aliran Bendungan Anai dipenuhi rumput-rumput hijau yang ditanam rapi.

Situasi di aliran Bendungan Anai ini, sekilas terlihat seperti pemandangan di sungai-sungai di Eropa, rancak bana, bersih, rapi dan sangat segar dipandang.

Saat ini trase tol telah mendekati ke pinggir sungai aliran Bendungan Anai, terlihat lahan sudah dibersihkan bahkan sudah ditimbun, akan ada jembatan yang akan menyeberangi aliran sungai dari Bendungan Anai nantinya.

Lokasi aliran Bendungan Anai yang akan diseberangi JTTS Tol Padang-Pekanbaru ini berada di sekitar STA 20, atau 20 kilometer dari titik awal pekerjaan di gerbang Tol Kawasan by pass di Kota Padang.

Tol Padang-Pekanbaru trase Padang-Sicincin nantinya akan menjadi jalan tol dengan pemandangan indah dan menarik di trase JTTS karena akan menempuh banyak sekali lokasi yang indah dan menarik di Sumatera Barat.

Trase jalan tol Padang-Sicincin juga tak hanya menyeberangi beberapa alisan sungai Batang Anai namun juga akan melewati beberapa dataran rendah dan itu akan dilewati oleh bentangan jembatan layang dengan kolom jembatan bervariatif mulai dari 5 hingga 10 meter.

Tol Padang-Pekanbaru di wilayah Sumbar memang terus dikebut pekerjaannya. Seksi Padang-Sicincin sepanjang 36,6 kilometer ini ditargetkan bisa berfungsi sebelum Idul Fitri 2024.

PT Hutama Karya (Persero) telah membagi JTTS ruas Tol Padang-Pekanbaru menjadi 6 seksi, yaitu Tol Padang-Sicincin, Tol Sicincin-Bukittinggi, Tol Bukittinggi-Payakumbuh, Tol Payakumbuh-Pangkalan, Tol Pangkalan-Bangkinang dan Tol Bangkinang-Pekanbaru.

Tol Padang-Pekanbaru akan menghubungkan Sumatera Barat dan Riau dengan total panjang 254 km.

 

BACA JUGA:100 Tahun Lalu Jepang Diam-diam Gali Lobang di Gunung Pangilun, Sekarang Bersiap Gali Terowongan Tol Sumbar

 

Dari enam seksi yang ada, telah beroperasi Tol Pekanbaru-Bangkinang pada September 2022 lalu kemudian diresmikan Presiden Jokowi pada Januari 2023.

 


“Selain itu, jalan tol Bangkinang-Koto Kampar dan Seksi Padang-Sicincin tengah dikejar penuntasannya agar dapat sesuai target rencana,” ujar Direktur Operasi III, Koentjoro, dalam keterangan resminya, dikutip Jambi Ekspres Jumat (4/8/2023).

 


Sebagai bagian dari JTTRS ruas jalan Tol Pekanbaru - Padang, seksi 1 Tol Padang - Sicincin ini kata Koentjoro akan menjadi koridor pendukung yang nantinya akan meningkatkan konektivitas antar wilayah yaitu Provinsi Riau dengan Sumatera Barat.

 

BACA JUGA:Setelah 81 Tahun Jepang Datang Lagi ke Sumbar, Tujuannya Sama: Menggali Terowongan, Bedanya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: