Gubernur Al Haris Langsung Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Legok, Akan Lapor Kemensos Untuk Bantuan

Gubernur Al Haris Langsung Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Legok, Akan Lapor Kemensos Untuk Bantuan

Gubernur Al Haris Langsung Serahkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Legok, Akan Lapor Kemensos Untuk Bantuan Rumah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Pasca kebakaran 33 rumah di Kampung Legok Kelurahan Legok,Kota Jambi Kamis pagi (27/7), Gubernur Al Haris langsung meninjau lokasi kejadian pada sore hari.

Dalam tinjauan itu, Al Haris menyerahkan bantuan dari Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi kepada korban.

"Ini musibah yang terjadi pada warga yang kita sayangi, dan Pemerintah merespon ini semua dengan cara memberi bantuan makanan, selimut, obat-obatan dan sebagainya," ucap Haris seusai berbincang dengan para korban.

Nantinya, Haris juga meminta pihak Puskesmas untuk memeriksa para korban secara psikis dan kesehatan mereka. Hal itu dilakukan sambil pihaknya mendata bantuan ke Kementerian Sosial. "Senin paling lambat kita kirimkan permintaan ke Kemensos sambil juga kita minta bantuan pak Hasan Basri Agus selaku anggota DPR RI yang membidangi Kemensos. Mudah-mudahan itu bisa terwujud," katanya. 

Gubernur menyebut untuk sementara korban terdampak bisa menumpang ke rumah warga lainnya. Serta juga ada tenda darurat pengungsian yang disiapkan Pemkot Jambi. 

Untuk bantuan rumah yang telah ludes terbakar, Haris menyebut akan didata dulu, setelah itu baru diajukan ke Kemensos. "Pemda juga nanti bisa bantu mereka, karena jumlahnya 33 rumah dan Pemprov wajib membantu Pemkot mengurusnya. Jadi kita lihat nanti kalau lamban dari Kemensos kami Pemprov yang akan bantu mereka," sampainya. 

Ditanya bantuan rumah seperti apa yang akan diberikan, Haris menyebut akan melihat pola-nya terlebih dahulu.

"Nanti kita lihat polanya, bisa saja bedah rumah, bisa jadi bantuan rumah yang murah yang khusus untuk terkena bencana. Nanti mana yang duluan lah," kata Haris.

Dikatakan Haris, yang pasti pada saat awal ini pihaknya sudah mengurus dengan baik makanan dan kesehatan. 

Setidaknya, dari data Dinsos mencatat ada 33 rumah yang terbakar. Dengan rincian 32 rumah berada di RT.08 dan 1 rumah di RT.03. Dengan jumlah korban terdampak 130 jiwa atau sebanyak 38 Kepala Keluarga.

Dalam bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Al Haris, seperti beras 216 Kilogram untuk kebutuhan 3 hari. Lalu makanan anak 128 pcs, makanan siap saji 130 pcs, lauk pauk siap saji 50 pcs, sandang bayi 13 paket, kid ware 16 paket, sandang dewasa 72 paket. Serta selimut merah dan kasur merah masing-masing 36 lembar dan lainnya. Serta terdapat dapur umum yang telah disiapkan. (aan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: