MPRJ Laksanakan Pameran Temporer Perang Gerilya Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan Jambi

MPRJ Laksanakan Pameran Temporer Perang Gerilya Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan Jambi

Penampilan salah satu grup peserta Lomba Drama Musikal tingkat SLTA se-Provinsi Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) melaksanakan pameran temporer yang mengusung judul “Perang Gerilya Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan Jambi”. Dalam pameran yang berlangsung dari tanggal 25 – 31 Juli 2023 ini ditampilkan koleksi benda-benda yang digunakan oleh pahlawan Jambi saat terjadinya pertempuran di Provinsi Jambi. Koleksi tersebut berasal dari berbagai daerah di Provinsi Jambi mulai Ujung Jabung hingga Kerinci.

Pada saat pembukaan berlangsung pada Selasa (25/7) juga dibarengi dengan kegiatan Lomba Drama Musikal tingkat SLTA se-Provinsi Jambi pada tanggal 25 Juli 2023. Pembukaan dua kegiatan tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si dan dihadiri oleh Pam Obvit Polda Jambi, Pejabat di lingkup Disbudpar Provinsi Jambi dan Museum Siginjei serta stakeholder terkait.


Meninjau koleksi museum yang dipajang selama pameran temporer--

Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke 26 MPRJ dan diharapkan pameran temporer ini tidak hanya menjadi kegiatan rutin tahunan yang hanya bersifat seremonial saja. Namun dapat memberikan manfaat akan nilai-nilai kejuangan dan nasionalisme kepada generasi muda penerus bangsa. “Melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat memotivasi generasi muda untuk meningkatkan kepeduliannya dan rasa cinta terhadap warisan sejarah budaya serta mampu memberikan optimisme dalam menata masa depan, untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” sebutnya.


Kepala Disbudpar Provinsi Jambi, Imron Rosyadi, S.Sos, M.Si--

Museum sebagai salah satu pusat informasi sejarah dan budaya selalu dituntut untuk meningkatkan kreativitas dalam penyebar luasan informasi. Penyebaran informasi tidak saja melalui pameran, tetapi kegiatan lain yang menunjang museum, seperti berbagai lomba, seminar kajian, Sosialisasi dan belajar bersama yang bertemakan sejarah di Museum Perjuangan Rakyat Jambi. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan nilai dan pemahaman kesejarahan perjuangan rakyat Jambi.


Kasi Pengelolaan Koleksi, Mudzakir S.Pd--

Sementara itu, Kepala Museum Siginjei yang diwakili oleh Kasi Pengelolaan Koleksi, Mudzakir S.Pd menambahkan, kegiatan pameran temporer ini merupakan salah satu dari tugas pokok dan fungsi MPRJ dalam meningkatkan dan melaksanakan pelestarian sekaligus penyebaran informasi warisan sejarah bangsa kepada masyarakat luas. Tidak hanya pameran yang dilaksanakan, ada juga sejumlah lomba yang diselenggarakan yaitu Lomba Drama Musikal tingkat SLTA, Lomba Musikalisasi Puisi tingkat SLTP, Lomba Melukis Poster Perjuangan kategori SLTA /sederajat dan Umum, Lomba Bercerita Perjuangan tingkat SD, Lomba Menggambar, Menempel, Mewarnai (3M) tingkat TK. 


Saat pembukaan kegiatan pameran temporer Perang Gerilya Sebelum dan Sesudah Kemerdekaan Jambi--

“Harapannya dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke MPRJ, memotivasi para pelajar, mahasiswa, dan mengajak masyarakat untuk mengenal lebih dekat keberadaan MPRJ, dan menumbuh kembangkan serta menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan rakyat Jambi kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat,” imbuhnya.


Para pemenang lomba Lomba Drama Musikal tingkat SLTA se-Provinsi Jambi--

Adapun pemenang Lomba Drama Musikal tingkat SLTA yang telah dilaksanakan pada saat pembukaan pameran yaitu Juara 1 diraih oleh SMAN 12 Merangin, Juara 2 diraih oleh MAN 1 Muaro Jambi, Juara 3 diraih oleh SMAN 1 Kota Jambi, Harapan 1 diraih oleh SMK 5 Kota Jambi, Harapan 2 diraih oleh SMAN 11 Muaro Jambi, Harapan 3 diraih oleh SMA Unggul Sakti. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: