Guru dan Siswa SD Buktikan Kreativitas Kejuangan di MPRJ, Melalui Lomba Bertutur dan Melukis Poster

Guru dan Siswa SD Buktikan Kreativitas Kejuangan di MPRJ, Melalui Lomba Bertutur dan Melukis Poster

Penampilan satu satu peserta lomba literasi atau bertutur perjuangan kategori guru SD--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan , Museum Perjuangan Rakyat Jambi (MPRJ) kembali melaksanakan kegiatan yang mengusung semangat kejuangan.

Kali ini MPRJ melaksanakan kegiatan lomba literasi atau bertutur perjuangan kategori guru SD yang berlangsung  tanggal 16 November 2023 dan lomba melukis poster perjuangan tingkat SD yang berlangsung pada tanggal 17 november 2023.

 Kegiatan lomba literasi atau bertutur perjuangan kategori guru SD melibatkan guru SD sebagai peserta sebanyak 60 orang sedangkan lomba melukis poster perjuangan tingkat SD diikuti oleh 100 siswa SD. Kegiatan yang berlangsung dua hari tersebut dilaksanakan masih dalam rangkaian pameran temporer yang dilaksanakan oleh MPRJ untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke museum. 


Para juri--

Kasi pengelolaan Koleksi Museum Siginjei, Mudzakir S.Pd melalui lomba yang telah dilaksanakan diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta generasi muda pada museum. Melalui kegiatan seperti inilah peran museum dapat terlihat yaitu mengingatkan kembali dan menanamkan nilai kepahlawanan terhadap generasi muda. “Melalui sejumlah lomba yang dilaksanakan oleh museum diharapkan dapat menanamkan kesadaran sejarah sejak dini, agar memperkokoh jati diri generasi penerus bangsa, sekaligus menjadi benteng dalam menghadapi arus globalisasi,” katanya.


Foto Bersama--

Diharapkan juga kepada generasi muda dapat kiranya mewarisi semangat juang para pendiri negeri ini dengan semangat dan kreativitas yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan keahlian dan prestasi masing-masing.  “Melukis poster ini sudah tiga kali dilaksanakan, pertama tingkat seniman, kedua tingkat SLTA dan terakhir tingkat SD. Setiap dilaksanakan lomba peminatnya selalu banyak,” sebutnya.


Para peserta lomba melukis poster--

Adapun untuk pemenang lomba literasi atau bertutur yaitu juara 1 diraih oleh Yuyun Dian Novita Sari  yang merupakan guru SDN 51/IV Kota Jambi,  juara 2 diraih oleh Supani dari guru SD Nurul Hidayah Kota Jambi,  dan juara 3 diraih oleh Indah Budiarti  dari guru SD Xaverius 2 Kota Jambi.

\
para pemenang lomba melukis poster perjuangan--

Sedangkan untuk lomba  melukis poster perjuangan tingkat SD juara 1 diraih oleh oleh Graceilla Anabell dari SD Xaverius 2 Kota Jambi, juara 2 diraih oleh Zoe Talita Widyadhana dari SDN 206 Kota Jambi, juara 3 diraih oleh Rachelyn Enlosa dari SD Xaverius 1 Kota Jambi. Selanjutnya juara harapan 1 diraih oleh Carren Anggelica dari SD Xaverius 1 Kota Jambi, juara harapan 2 diraih oleh Rhayhan Cleon Hensyklo dari SD Xaverius 1 Kota Jambi, dan juara harapan 3 diraih oleh Avrilionel PPS dari SD SD Xaverius 2 Kota Jambi. Terhadap para pemenang, panitia memberikan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan. (kar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: