Kunjungi PPSDM Migas, Dirjen Migas: Fasilitas Diklat di Indonesia Tak Kalah dengan Negara Maju

Kunjungi PPSDM Migas, Dirjen Migas: Fasilitas Diklat di Indonesia Tak Kalah dengan Negara Maju

Kunjungi PPSDM Migas, Dirjen Migas: Fasilitas Diklat di Indonesia Tak Kalah dengan Negara Maju--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah membenahi perbaikan fasilitas pendidikan dan pelatihan (diklat) di sektor minyak dan gas bumi (migas) guna menunjang pengembangan dan peningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia pada sektor tersebut.

Direktorat Jenderal Migas Tutuka Ariadji menyatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki fasilitas pendidikan dan pelatihan (diklat) di sektor migas dengan teknologi yang tidak kalah dengan negara maju.

Hal ini disampaikan usai melakukan kunjungan kerja ke Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) di Cepu, Jawa Tengah.

Fasiltas diklat migas yang berdiri di atas lahan seluas 129 hektar tersebut memiliki berbagai fasilitas yang dimiliki negara maju, mulai dari Laboratorium, Basic Sea Survival (BSS), Pemadam Kebakaran (Fire Ground) hingga Kilang PPSDM Migas.

"Setelah kunjungan lapangan di PPSDM Migas, saya melihat PPSDM Migas mempunyai potensi yang besar sehingga saya mendukung adanya kolaborasi antarinstansi dan perusahaan agar dapat memajukan serta mengembangkan di subsektor migas," terang Tutuka, Selasa (17/07).

Dengan teknologi yang mumpuni, Tutuka mengatakan, PPSDM dapat membantu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, ahli, profesional, berkarakter dan mampu bersaing di pasar global di subsektor migas.

"Ini sangat mendorong pertumbuhan SDM Sektor Migas di Indonesia," ujarnya.

Sebagai informasi, Kilang PPSDM Migas (Kilang Cepu) merupakan kilang tertua di Indonesia dan merupakan salah satu sarana dIklat di sektor migas. Kilang PPSDM Migas merupakan unit pengolahan minyak bumi dengan kapasitas terpasang 3,800 bbl/day atau 600 m3/hari dengan mengolah crude oil dari PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu.

PPSDM Migas sendiri mepunyai lima jasa layanan utama di subsektor migas yaitu pelatihan, sertifikasi, laboratorium pengujian, wisma dan gedung, serta Praktik Kerja Lapangan (PKL) di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Energi dan Sumber Daya Mineral (BPSDM ESDM) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Setelah kunjungan tersebut, Dirjen Migas memberikan pengarahan untuk fungsional Widyaiswara, Instruktur dan Dosen di PPSDM Migas dan PEM Akamigas di Gedung Graha Oktana PEM Akamigas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: