>

Tol Cisumdawu Segera Beroperasi Penuh, Konektivitas Jawa Barat Langsung Bertambah

Tol Cisumdawu Segera Beroperasi Penuh, Konektivitas Jawa Barat Langsung Bertambah

Tol Cisumdawu--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan atau yang akrab dikenal dengan Jalan Tol Cisumdawu memiliki total panjang 61,6 Km dan terdiri dari 6 Seksi.

Terdapat tiga seksi yang sudah beroperasi, yakni Seksi 1 Cileunyi - Pamulihan (11,4 Km), Seksi 2 Pamulihan - Sumedang (17 Km), dan Seksi 3 Sumedang - Cimalaka (4 Km).

Kemudian menyusul 3 Seksi lainnya dari Seksi 4 hingga 6 telah selesai konstruksinya dan siap dioeperasikan, yakni Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5A dan 5B Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya - Dawuan (6,2 Km).

Untuk Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Kemudian Seksi 3 - 6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol PT Citra Karya Jabar Tol

Jalan Tol Cisumdawu terkoneksi dengan Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali) via Junction Dawuan.

Jalan tol Cisumdawu dikenal dengan memiliki ikon terowongan kembar (Twin Tunnel) yang menjadi terowongan Jalan Tol terpanjang di Indonesia, dan merupakan tol pertama yang memiliki terowongan berada di Seksi II. Terowongan kembar ini menggunakan inovasi teknologi New Austrian Tunneling Method (NATM) yang berguna dalam menguatkan tanah sebelum penggalian

Selain itu konstruksi Jalan Tol Cisumdawu juga menggunakan teknologi khusus Geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A. Geofoam EPS adalah material yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

Kehadiran Jalan Tol Cisumdawu menjadi konektivitas pendukung pertumbuhan ekonomi, peningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membuka banyak peluang usaha baru di wilayah Jawa Barat khususnya konektivitas dari Bandung menuju ke Kertajati dan efektivitas operasional Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Jalan Tol Cisumdawu memiliki 5 buah Simpang Susun (SS) yakni SS Pamulihan, SS Sumedang, SS Cimalaka, SS Legok, SS Ujung Jaya, dan 2 Junction yakni Junction Cileunyi dan Junction Dawuan dan menjadi salah satu Jalan Tol terindah di Indonesia dengan dikelilingi pemandangan Gunung Tampomas, Manglayang, dan Patuha. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: