Di Usia 77 Tahun Xanana Gusmao Dilantik jadi PM Timor Leste

Di Usia 77 Tahun Xanana Gusmao Dilantik jadi PM Timor Leste

Xanana Gusmao kembali dilantik jadi Perdana Menteri Timor Leste-Foto: Twitter @dominiksipinski-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Sabtu 1 Juli 2023, Xanana Gusmao resmi dilantik sebagai Perdana Menteri (PM) Timor Leste.

Pelantikan dilakukan di Istana Presiden Timor Leste Dili. Pelantikan Xanana dipimpin langsung oleh Presiden Timor Leste Ramos Horta.

Dalam acara yang ditayangkan secara streaming ini, tampak Xanana yang tak muda lagi, tahun ini berusia 77 tahun, membaca sumpahnya sebagai PM Timor Leste untuk periode 2022-2027 hingga lima tahun ke depan.

Sebelum menjadi perdana Menteri, Xanana pernah memegang peranan penting di Timor Leste. Ia adalah presiden pertama di negara itu pasca merdeka dari RI.

Tahun 2002 hingga 2007 Xanana Gusmao menjadi presiden kemudian tahun 2007 hingga 2015 menjabat sebagai perdana menteri.

Tahun 2023 ini, Partai yang menaungi Xanana Gusmao yaitu Partai Kongres Nasional untuk Rekonstruksi Timor (CNRT) menang cukup tebal dapat suara terbanyak dalam pemilihan parlemen. Raihan suara Xanana 42 persen.

Kemudian saingannya Jose Maria Vasconcelos alias Taur Matan Ruak yang juga adalah Perdana Menteri Timor Leste terakhir, melalui Partai Front Revolusi untuk Timor-Leste Merdeka (Fretilin) hanya meraih 26 persen suara.

Xanana merupakan tokoh terkenal tak hanya di Timur Leste namun juga di Indonesia, Namanya cukup popular sebagai tokoh referendum Timur Leste.

Tahun 1992 Xanana pernah ditangkap oleh Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau ABRI. Kemudian ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup dengan tuduhan melawan pemerintah dan memiliki senjata secara illegal.

Xanana sempat menjalani hukuman di penjara Cipinang, Jakarta namun karena berbagai tekanan dunia internasional untuk Indonesia, hukuman seumur Xanana kemudian menjadi lebih ringan turun 20 tahun.

Saat era reformasi, Presiden Soeharto jatuh tahta, Xanana kemudian menjalani tahanan rumah di Salemba.

Tahun 1999 kemudian tentara Indonesia menarik pasukannya dari Timor Leste, Xanana lalu pulang dan menjabat sebagai sebagai presiden National Council of Timorese Resistance (CNRT) yang hingga kini telah menjadi partai penguasa Timor Leste.

Di partai ini, sang presiden Ramos Horta juga masuk dalam bagian CNRT.

Kini Xanana Gusmao dan sahabatnya Ramos Horta sama-sama jadi pemimpin Timor Leste, satu jadi Perdana Menteri, satu lagi jadi Presiden. Keduanya juga sama-sama terlibat dengan proses kemerdekaan Timor Leste dari wilayah Indonesia sejak dulu. (dpc)







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: