Transformasi Digital di UNJA, Ciptakan 37 Inovasi

Transformasi Digital di UNJA, Ciptakan 37 Inovasi

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D,--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO. ID - Universitas Jambi (UNJA) memperkenalkan berbagai inovasi dan kolaborasi yang dilakukan para sivitas akademika dari berbagai fakultas yang ada di kampus tersebut. Hal itu bertujuan sebagai komitmen untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang inovatif, mandiri, inklusif, bermartabat, serta unggul di level nasional maupun dunia.

Sejak tahun 2020 sampai saat ini, UNJA berhasil membuat 37 inovasi sebagai bukti pemanfaatan transformasi digital yang merupakan platform UNJA SMART dalam bidang management transformation atau tata kelola organisasi, pembelajaran mahasiswa dan lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, transformasi dalam bidang academic reputation hingga inovasi UNJA non-sistem informasi. Capaian ini merupakan bukti bahwa UNJA telah berperan aktif dalam upaya memacu pertumbuhan kreativitas dan inovasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Deretan capaian identifikasi inovasi tersebut diantaranya yaitu UNJA berhasil mengaplikasikan Gerbang Unja yang merupakan layanan sistem informasi terintegrasi, memberikan kemudahan akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna yang dapat diakses melalui https://gerbang.unja.ac.id. Ada juga SIREMUN yang merupakan aplikasi terintegrasi untuk pengelolaan BKD dan Remunerasi Universitas Jambi malalui https:siremun.unja.ac.id. Selanjutnya ada juga inovasi MBKM UNJA berupa sistem informasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Jambi, yang dapat diakses melalui https://mbkm.unja.ac.id. Akselerasi ISO Unit Kerja di Universitas Jambi, hingga ada juga Edimas, merupakan sistem informasi terintegrasi pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh manusia yang dapat diakses melalui https://edimas.unja.ac.id.

Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D, mengatakan, deretan inovasi yang dihasilkan oleh UNJA tersebut diharapakan dapat menjadi kontribusi untuk bidang pendidikan di era globalisasi yang semakin maju saat ini. Rata inovasi UNJA ini berbasis transformasi digital untuk mengembangkan pendidikan online berbasis metaverse. Melalui ruang digital, pelajar dapat membangun ruang belajar tempat mereka berkolaborasi, belajar bersama, dan bersosialisasi. “Platform Badan Pengelola Usaha (BPU) Univeristas Jambi salah satu inovasi UNJA, dibuat dalam rangka optimalisasi dan penataan aset Univeristas Jambi. Platform BPU ini juga menjadi wadah berbagai unit usaha Universitas Jambi yang bereputasi nasional dan internasional, serta dapat memberikan sumbangan hasil inovasi, layanan akademik, untuk peningkatan sumber daya dalam mewujudkan kesejahteraan. BPU juga menjadi wadah untuk inkubasi bisnis yang mengakomodir ide-ide civitas akademika,” jelas rektor.

Rektor menambahkan, Universitas Jambi berhasil menerapkan layanan sistem informasi terintegrasi yang memberikan kemudahan akses akan informasi dan layanan bagi seluruh pengguna. Single Sign-On (SSO) adalah teknologi yang mengijinkan pengguna agar dapat mengakses sumber daya atau berbagai aplikasi dalam jaringan hanya dengan menggunakan satu akun pengguna saja. Selain itu, implementasi pembelajaran di Universitas Jambi secara umum membutuhkan HELF sebagai platform pelaksanaan dan grand strategi pembelajaran yang mengarahkan pihak yang terlibat dalam pengembangan pembelajaran. Tujuan umum pembelajaran di Universitas Jambi adalah untuk pengembangan keahlian (skill) yang membentuk cara berpikir, cara belajar, dan cara bekerja mahasiswa. Oleh karena itu, pengembangan pembelajaran di Universitas Jambi perlu didukung oleh kurikulum yang relevan, dosen yang berkualitas, sarana pembelajaran, dan sumber belajar yang berkualitas. 

Untuk mendukung kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tentang Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), UNJA telah mengembangkan situs Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk memudahkan sosialisasi peraturan/pandu an dan programprogram MBKM yang dapat diakses oleh seluruh sivitas akademika Universitas Jambi. Dengan pemanfaatannya, maka akan menjadi lebih efektif dan efisien sebagai wadah sosialisasi dan diseminasi informasi terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: