Inovasi Mahasiswa Prodi Kimia Industri UNJA Berhasil Buat Biobriket Nipah

Inovasi Mahasiswa Prodi Kimia Industri UNJA Berhasil Buat Biobriket Nipah

Inovasi Mahasiswa Prodi Kimia Industri UNJA Berhasil Buat Biobriket Nipah--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Program Studi DIII Kimia Industri Universitas Jambi (UNJA) Tahun ini lolos pendanaan Kemdikbudristek  Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD). Tim ini dinyatakan lolos seleksi pada 7 Juni 2023. 

P2MD ini bertujuan menumbuhkan kepedulian dan mengajak kontribusi mahasiswa dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Tim P2MD Prodi DIII Kimia Industri beranggotakan 10 orang mahasiswa yang terhimpun dalam UKM Go Green.

Restina Bemis, S.Si., M.Si sebagai dosen pendamping mengaku sangat bangga atas kerja keras Tim sehingga menjadi satu dari tiga prodi di Universitas Jambi yang lolos pendanaan P2MD tahun ini. "Tim P2MD yang diketuai oleh Putra Surya Pandawa Yudha mengangkat tema energi baru terbarukan dengan judul Biobriket Nipah : Solusi Alternatif Energi Terbaru Dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kampung Laut Tanjung Jabung Timur, Jambi," ujarnya.

Biobriket merupakan bahan bakar padat yang terbuat dari biomassa dan dapat digunakan sebagai alternatif sumber energi terbarukan pengganti minyak bumi dan fosil. Data Sumber Daya Mineral (ESDM)  Tahun 2021 menyebutkan bahwa cadangan minyak bumi nasional sebesar 4,17 miliar barel dan cadangan gas bumi mencapai 62,4 triliun kaki kubik (cubic feet). 

Data ini dipastikan akan terus mengalami penurunan setiap harinya. Sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya yakni pemanfaatan energi biomassa yang bersumber dari tanaman Nipah sebagai biobriket. Nipah (Nypa fruticans) yang termasuk ke dalam jenis Palmae merupakan salah satu potensi flora yang terdapat di Kampung Laut Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi. Namun di Kampung Laut pemanfaatan nipah belum maksimal. 

Kegiatan P2MD akan dilaksanakan pada bulan Juli-November 2023 di Kelurahan Kampung Laut. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Tim P2MD akan melakukan sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pada warga kampung Laut dalam pembuatan biobriket nipah. Selanjutnya biobriket nipah diharapkan mampu menjadi salah satu produk unggulan Kampung laut dalam mengoptimalkan pemanfaatan tanaman nipah sesuai dengan Visi UNJA yang berbasis agroindustri dan lingkungan. 

Sementara itu, Surya Pandawa Yudha juga menyampaikan terima kasih kepada Fakultas Sains dan Teknologi dan Universitas Jambi . "Terutama karena telah memfasilitasi dan mensupport penuh untuk Tim dari vokasi UNJA dalam mengikuti seleksi pendanaan P2MD ini," ujarnya. (*/kar)

Kunjungi : www.unja.ac.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: