TENG! KPU Tanjabtim Pleno Penetapan DPT, Ini Jumlahnya

TENG! KPU Tanjabtim Pleno Penetapan DPT, Ini Jumlahnya

KPU Tanjabtim Pleno Penetapan DPT--

MUARASABAK, JAMBIEKSPRES.CO.ID - KPU Kabupaten Tanjabtim menggelar Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tingkat kabupaten untuk Pemilu tahun 2024, Rabu (21/6) sore.

Hasil dari rapat pleno terbuka tersebut, terdapat sebanyak 174.465 DPT yang terdiri dari 88.675 laki-laki dan 85.790 perempuan dengan jumlah TPS sebanyak 714 yang tersebar di 93 kelurahan dan desa dalam 11 kecamatan.

Penetapan DPT yang disaksikan langsung oleh Pemerintah Daerah yang diwakili Sekda Tanjabtim, Forkompinda, Ketua Bawaslu Kabupaten Tanjabtim beserta anggota, PPK 11 kecamatan dan Partai Politik selaku peserta Pemilu.

Ketua KPU Kabupaten Tanjabtim, Hodijatul Qubro mengatakan, bahwa jumlah DPT ini mengalami kenaikan sebanyak 11.293 jika dibandingkan dengan DPT pada Pilkada tahun 2020 lalu sebanyak 163.172. Kenaikan jumlah itu bersumber dari pemilih pemula dan dari perpindahan penduduk yang datang ke Kabupaten Tanjabtim.

"Perpindahan penduduk itu terjadi dari luar kabupaten maupun dari luar Provinsi Jambi," katanya.

Hasil dari penetapan DPT tingkat kabupaten ini nantinya akan dibawa ke rapat pleno terbuka ditingkat Provinsi Jambi yang akan digelar dari tanggal 26-28 Juni 2023. Kemudian setelah itu akan digelar lagi rapat pleno terbuka ditingkat pusat dari tanggal 2-3 Juli 2023.

"DPT kabupaten yang kita tetapkan hari ini tidak akan berubah. Akan tetapi jika nanti ada perubahan akan masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) atau Daftar Pemilih Khusus (DPTK)," jelasnya.

Ditambahkannya, terkait dengan saran dan masukan selama rapat pleno tadi, baik itu dari Bawaslu Kabupaten Tanjabtim maupun Partai Politik selaku peserta Pemilu telah dimasukan ke dalam Berita Acara (BA) dan akan segera ditindak lanjuti KPU Kabupaten Tanjabtim melalui PPK. 

"Sudah kita masukan ke dalam BA, tinggal nanti akan kita tindaklanjuti," tukasnya.(lan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: