Wabup Kerinci Ami Taher Ajukan Pengunduran Diri, Bupati Adirozal Dalam Proses

 Wabup Kerinci Ami Taher Ajukan Pengunduran Diri, Bupati Adirozal Dalam Proses

Bupati Kerinci Adirozal dan Wabup Ami Taher--

KERINCI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Wakil Bupati Kerinci Ir Ami Taher mengajukan pengunduran diri dari jabatannya, lantaran maju di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Sedangkan Bupati Kerinci Adirozal sampai saat ini belum mengajukan pengunduran diri, namun informasi yang diperoleh masih dalam proses. 

Surat pengunduran diri Wabup Ami Taher ini dalam proses disampaikan ke KPU, DPRD Kerinci, serta Kementerian Dalam Negeri RI Cq Gubernur Jambi. "Iya surat pengunduran diri Wabup Ami Taher ditandatangani tanggal 19 Juni 2023 kemarin, " kata Buswarya Kabag Pemerintahan Setda Kerinci dikonfirmasi Jambi Ekspres, Selasa (20/6/2023). 

Dia mengatakan saat ini surat pengunduran diri Wabup Ami Taher akan disampaikan ke DPRD Kerinci, KPU, serta Kemendagri melalui Gubernur Jambi. "Mulai besok akan kita sampaikan surat pengunduran diri Wabup Ami Taher, " katanya lagi. 

Sedangkan Bupati Adirozal, dikatakan Kabag Pemerintahan Buswarya bahwa untuk pengunduran diri bupati karena maju Pileg masih dalam proses, karena masih ada waktu untuk menyampaikan surat pengunduran diri tersebut. 

Dia menambahkan meskipun Wabup Ami Taher mengajukan pengunduran diri, namun sampai keluarnya Daftar Calon Tetap (DCT) dari KPU pada November nanti, tugas, wewenang dan jabatan sebagai Wabup Kerinci masih melekat. "Artinya kalau nama wabup maupun bupati ditetapkan di DCT nanti, baru resmi sudah mundur dari jabatan. Kalau sebelum itu masih menjabat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kerinci, meskipun keduanya mengajukan pengunduran diri, " jelasnya. 

Terpisah Sekwan DPRD Kerinci Jondri Ali bersamaan dengan Ketua DPRD Kerinci Edminudin dikonfirmasi Jambi Ekspres mengatakan sampai hari ini Selasa (20/6/2023) belum menerima surat pengunduran diri Wabup Ami Taher maupun Bupati Adirozal. Namun masih melihat beberapa hari ke depan. 

"Sampai saat ini belum ada surat pengunduran diri. Kemarin sudah disampaikan dengan Kabag pemerintahan yang ngurus hal ini, "kata Jondri Ali. 

Untuk diketahui dari informasi diperoleh Bupati Kerinci Adirozal maju DPR RI pada 2024 dari Partai Amanat Nasional (PAN), sedangkan Wabup Ami Taher mencalonkan diri sebagai Bacaleg DPR RI dari Partai PKS. Sedangkan kepastian penetapan secara resmi Caleg nantinya akan dilakukan KPU pada November 2023. (Hdp) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: