>

Mengenang Sejarah Melalui Mata Uang, Jenis Uang Kuno Apa Saja yang Masih Banyak Beredar di Indonesia

Mengenang Sejarah Melalui Mata Uang, Jenis Uang Kuno Apa Saja yang Masih Banyak Beredar di Indonesia

ilustrasi uang kuno-Sumber Foto: Mancode.id)-

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Uang Kuno menjadi lahan investasi dana jangka panjang yang banyak diminati.

Sebab harga jualnya yang semakin hari semakin tinggi terutama akhir-akhir ini, adanya investasi uang kuno yang terasa menjanjikan ini memberikan efek kepada banyak masyarakat untuk berlomba -lomba mengoleksi uang kuno dan menjual uang kuno yang mereka punya.

Kali ini, bagi masyarakat yang baru saja ingin berkecimpung dapat membeli atau mejual uang kuno koleksi Indonesia yang tidak terlalu langka namun masih tetap memiliki harga jual yaitu:

1. Uang Kertas Seratus Rupiah Pahlawan Nasional

Uang kertas seri Pahlawan Nasional dengan denominasi seratus rupiah masih banyak beredar di masyarakat. Uang kertas ini memiliki gambar Pahlawan Nasional seperti Soekarno, Hatta, Kartini, dan lain-lain.

2. Uang Kertas Seribu Rupiah Pangeran Diponegoro

Uang kertas seri Pangeran Diponegoro dengan denominasi seribu rupiah juga masih sering ditemukan. Uang kertas ini memiliki gambar Pangeran Diponegoro, seorang pahlawan nasional dalam perjuangan melawan penjajah Belanda.

3. Uang Kertas Lima Ribu Rupiah Raden Ajeng Kartini

Uang kertas seri Raden Ajeng Kartini dengan denominasi lima ribu rupiah juga masih beredar. Uang kertas ini memiliki gambar Raden Ajeng Kartini, seorang tokoh perempuan yang berjuang untuk kesetaraan gender dan pendidikan bagi perempuan.

4. Uang Kertas Sepuluh Ribu Rupiah Cut Nyak Dien

Uang kertas seri Cut Nyak Dien dengan denominasi sepuluh ribu rupiah juga masih umum ditemui. Uang kertas ini menggambarkan Cut Nyak Dien, seorang pahlawan nasional dari Aceh yang berjuang melawan penjajah Belanda.

5. Uang Kertas Dua Puluh Ribu Rupiah Soekarno

Uang kertas seri Soekarno dengan denominasi dua puluh ribu rupiah juga masih banyak beredar. Uang kertas ini memiliki gambar Soekarno, proklamator dan presiden pertama Indonesia.

Meskipun uang kuno ini masih banyak beredar, namun nilainya mungkin tidak terlalu tinggi karena faktor umur dan pemakaian. Namun, ada beberapa kolektor yang tertarik dengan uang kertas dan mencarinya untuk keperluan koleksi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: