Daftar Uang Kuno Paling Langka di Indonesia

Daftar Uang Kuno Paling Langka di Indonesia

ilustrasi uang kuno-Sumber Foto: Mancode.id)-

JAMBIEKSPRES.CO.ID- Indonesia, negara yang kaya akan warisan budaya dan sejarah, juga memiliki koleksi uang kuno yang langka dan bernilai tinggi. Berikut adalah daftar uang kuno paling langka di Indonesia yang menjadi incaran para kolektor:

1. Uang Kertas Rupiah Seri 1947

Uang kertas Rupiah seri 1947 merupakan salah satu yang paling langka dan dicari di Indonesia. Uang-uang ini dikeluarkan pada masa revolusi kemerdekaan dan memiliki desain yang sederhana dengan tulisan "Republik Indonesia" dalam bahasa Indonesia dan Inggris. Karena produksinya yang terbatas dan masa peredaran yang singkat, uang kertas seri 1947 menjadi sangat langka dan bernilai tinggi.

2. Uang Kertas Rupiah Seri 1945

Uang kertas Rupiah seri 1945 juga termasuk dalam daftar uang kuno yang langka di Indonesia. Dikeluarkan saat periode awal kemerdekaan, uang kertas ini memiliki desain yang sederhana dengan lambang Garuda Pancasila dan tulisan "Negara Indonesia". Karena sejarahnya yang penting dan masa produksinya yang singkat, uang kertas seri 1945 menjadi sangat langka dan memiliki nilai tinggi di pasar kolektor.

3. Uang Kertas Rupiah Seri 1957

Uang kertas Rupiah seri 1957 termasuk dalam daftar uang kuno langka di Indonesia. Uang-uang ini memiliki desain yang unik dengan gambar pahlawan nasional dan latar belakang yang berbeda-beda setiap denominasinya. Karena masa peredaran yang terbatas dan desain yang menarik, uang kertas seri 1957 menjadi langka dan menjadi incaran kolektor.

4. Uang Koin VOC

Uang koin VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie) adalah salah satu uang kuno yang paling langka di Indonesia. Koin-koin ini dikeluarkan oleh perusahaan dagang Belanda pada abad ke-17 hingga ke-18. Koin VOC memiliki berbagai denominasi dan desain yang menampilkan lambang VOC dan tokoh-tokoh terkenal pada masa itu. Karena jumlahnya yang terbatas dan sejarahnya yang penting, uang koin VOC menjadi sangat langka dan bernilai tinggi di pasar kolektor.

5. Uang Kertas Jawa

Uang kertas Jawa adalah uang kuno yang dikeluarkan oleh Kesultanan Jawa pada masa lampau. Uang-uang ini memiliki desain yang indah dengan gambar penguasa Kesultanan dan simbol-simbol kebesaran. Karena masa peredaran yang terbatas dan jumlahnya yang sedikit, uang kertas Jawa menjadi sangat langka dan menjadi buruan para kolektor yang tertarik dengan sejarah Jawa.

Para kolektor uang kuno di Indonesia selalu berburu dan mencari uang-uang kuno langka ini untuk melengkapi koleksi mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa pengumpulan uang kuno harus dilakukan secara etis dan mematuhi hukum serta peraturan yang berlaku. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: