374 JCH Kloter BTH 23 Tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi

374 JCH Kloter BTH 23 Tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi

374 JCH Kloter BTH 23 Tiba di Asrama Haji Provinsi Jambi--

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter BTH 23 tiba di Asrama Haji Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Jambi, Minggu (11/06).

Para JCH ini disambut kedatangannya oleh Pembantu Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPPIH) Provinsi Jambi  yang langsung digiring petugas memasuki aula Asrama Haji untuk mengikuti prosesi penerimaan langsung oleh Ketua PPPIH Provinsi Jambi sekaligus Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi, H. Zoztafia.

Rombongan Kloter BTH 23 ini merupakan JCH asal Kota Sungai Penuh yang tiba di Asrama Haji pada pukul 08.00 WIB, kemudian JCH dari Kabupaten Batang Hari dan Kabupaten Muarojambi tiba sekitar pukul 09.00 WIB.

Seremonial penerimaan JCH Kloter BTH 23 Provinsi Jambi dihadiri oleh Asisten 1 Sekretariat Daerah Kota Sungai Penuh, Asisten 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Batang Hari, perwakilan Biro Kesra Kabupetan Batang Hari, Kabupaten Muarojambi, dan Kota Sungai Penuh, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muarojambi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari, dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sungai Penuh, dan para Kepala Bidang pada Kanwil Kemenag Jambi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang Hari, Al Jufri melaporkan jumlah JCH yang tergabung dalam Kloter BTH 23 Provinsi Jambi terdiri dari JCH asal Kabupaten Batang Hari sebanyak 138 orang, JCH asal Kabupaten Muarojambi sebanyak 112 orang, dan JCH asal Kota Sungai Penuh sebanyak 116 orang dengan dibantu 5 PPIH Kloter, dan 3 oang Petugas Haji Daerah (PHD)/ KBIHU. Sehingga total JCH Kloter BTH 23 berjumlah 374 orang.

Dan menuturkan bahwa perjalanan keberangkatan JCH dari kabupaten/kota asal masing-masing JCH berjalan dengan lancar.

“Perjalanan pagi ini tidak ada hambatan. Mudah-mudahan begitu juga dalam pemberangkatan dan dalam penyelenggaraan ibadah sampai nanti pulang ke tanah air menjadi haji yang mabrur dan mabrurah,” harap Al Jufri.

“Mewakili PPIH Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Muarojambi, dan Kota Sungai Penuh menyerahkan jemaah calon haji kepada panitia penyelenggara provinsi Jambi untuk selanjutnya dilaksanakan proses pemberangkatan lebih lanjut,” ujar beliau.

Dilanjutkan dengan penyerahan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) JCH Kabupaten Batang Hari, Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Sungai Penuh kepada Ketua PPPIH Provinsi Jambi.

Ketua PPPIH Provinsi Jambi menyampaikan rasa bahagia dapat menerima kedatangan para JCH. “Bersyukur bisa berjumpa dalam hal yang mulia dalam memberangkatkan para tamu Allah yang sudah diserahkan oleh panitia daerah,” ucap beliau.

Sekaligus meminta agar para JCH bersikap sabar dan ikhlas dengan menuruti seluruh pengaturan rangkaian proses jelang pemberangkatan yang telah dijadwalkan oleh PPPIH Provinsi Jambi. PPPIH akan memberikan pelayanan optimal kepada para JCH. Dimana, para JCH akan dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim kesehatan, menerima pelayanan satu atap terpadu (One Stop Service) berupa pemberian gelang dan kartu identitas, uang biaya hidup (living cost), dan diberikan bimbingan dan praktik manasik haji tahap akhir. “Ikuti aturan yang telah dibuat sedemikian rupa oleh panitia karena pemberangkatan ini bersifat jamaah sehingga butuh pengaturan agar proses pemberangkatan berjalan lancar,” ungkap beliau.

“Dan selama di tanah suci akan didampingi oleh petugas kloter yang akan membimbing jemaah dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji,” imbuh beliau.

Sesuai jadwal, JCH Kloter BTH 21 ini akan diberangkatkan ke Embarkasi Batam pada Senin (12/6) pukul 10.10 WIB setelah sebelumnya akan dilakukan pelepasan secara seremonial pada pukul 07.15 WIB.

Para jemaah akan transit terlebih dahulu di Bandara Hang Nadim Batam selama kurang lebih 3 jam, yaitu pukul 11.30 WIB – 14.30 WIB. Untuk selanjutnya diterbangkan menuju Jeddah, Arab Saudi pada pukul 16.30 WIB dengan menggunakan maskapai Saudi Airlines. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: