Hati- Hati, Ini 6 Sikap Istri yang Harus Dihindari Bila Ingin Rumah Tangga Bahagia

Hati- Hati, Ini 6 Sikap Istri yang Harus Dihindari Bila Ingin Rumah Tangga Bahagia

Ustadz Hilman Fauzi --

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Dalam agama islam, Rasulullah SAW telah memberikan berbagai tuntutan kepada umatnya dalam membangun rumah tangga sehingga menjadi keluarga yang skainah, mawaddah dan warahmah. Tuntunan itu menjelaskan berbagai hal, baik itu tugas suami, tugas istri hingga cara bagaimana menciptakan keluarga yang harmonis.

Dalam rumah tangga, suami dan sitri memiliki peran yang sama – sama sangat kuat dalam menjaga dan menghancurkan rumah tangga itu. Dimana pastinya setiap pasangan selalu ingin memberikan yang terbaik bagi pasangannya. 

Dalam hadits Riwayat An- Nasai no. 3231; Ahmad, 2: 251 dikatakan, “Siapakah wanita yang paling baik?” Jawab beliau, “Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci.” (HR. An-Nasai, no. 3231; Ahmad, 2: 251).

Ustadz Hilman Fauzi dalam tauziahnya mengatakan ada 6 sifat istri yang harus dihindari agar mengantarkan rumah tangga dalam kebahagian, yaitu :

1. Jangan jadi Istri yang suka mengeluh

Ini menjadi salah satu penyebab paling banyak istri yang menempati api neraka. Karena sering mengeluh atas pemberian suami. 

“Intinya harus bersyukur,” kata Ustadz Hilman.

2. Jangan jadi istri yang suka mengungkit - ungkit 

“Apa yang diungkit ? Yang diungkit kebaikan dirinya dan keburukan suaminya. Jadi kadang kita tuh paling pintar mengungkit kebaikan kita dan paling hafal dengan keburukan suami. Walaupun hanya bercanda maka akan jadi kebiasaan,” kata ustadz Hilman.

3. Mencintai selain suaminya

Terkadang kita tidak terlalu peka dan mengganggap sepele saat kita mengagumi lawan jenis. Tetapi jangan sampai mengagumi pria lain atau suami orang lain menjadikanmu membandingkannya dengan suami anda.bahkan terkadang menjadi kebiasaan, kita sering berpenampila cantuk bukan depan suami tetapi malah didepan suami orang lain.

Hukum mencintai suami orang lain adalah haram, karena sudah termasuk zina mata dan zina hati. Dijelaskan dalam Hadits Riwayat Ahmad yang artinya, :

"Mata itu berzina, hati juga berzina. Zina mata adalah dengan melihat yang diharamkan, zina hati adalah dengan membayangkan yang akan menjadi pemicu syahwat yang terlarang. Sementara kemaluan membenarkan atau mendustakan semua itu." (HR. Ahmad)

4. Istri tidak boleh meminta sesuatu lebih dari kemampuan suaminya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: