Soal BBM Subsidi, BPH Migas Ajak Masyarakat Palembang Ikut Mengawasi

Soal BBM Subsidi, BPH Migas Ajak Masyarakat Palembang Ikut Mengawasi

BPH Migas Ajak Masyarakat Palembang Ikut Mengawasi--

PALEMBANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) kembali melakukan sinergi bersama Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Kali ini dalam penyebarluasan informasi kebijakan hilir migas. BPH Migas mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi pelaksanaan penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya BBM bersubsidi.

Ditemui saat kegiatan sinergi bersama DPR RI di Palembang, Sumatera Selatan (27/5/2023), Anggota Komite BPH Migas Eman Salman Arief menyampaikan bahwa BPH Migas tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pengawasan tersebut. Untuk itu membutuhkan dukungan berbagai pihak seperti masyarakat.

“Kami (BPH Migas) tidak punya perwakilan di daerah. Untuk itu kerja sama dengan masyarakat sangat kita butuhkan,” tutur Eman.

Apabila masyarakat menemukan atau mencurigai adanya kegiatan yang terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau di sekitar lingkungan tempat tinggal, dapat melaporkannya kepada BPH Migas.

“Silahkan difoto dan dilaporkan ke BPH Migas. BPH Migas akan menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan masyarakat,” tegasnya.

Hal yang sama di sampaikan oleh Anggota Komite BPH Migas Abdul Halim. Menurutnya, BBM Subsidi seharusnya dipergunakan oleh masyarakat yang kurang mampu.

“Banyak terjadi penyalahgunaan BBM di Sumatera Selatan yang di temukan oleh BPH Migas. Sudah ditindaklanjuti oleh BPH Migas dan pihak yang berwenang yaitu Kepolisian dan pihak terkait lainnya,” terang Abdul Halim.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI Yulian Gunhar meminta BPH Migas terus memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tugas dan fungsi BPH Migas, serta program subsidi BBM.

“Masyarakat perlu diajak bersama-sama mengawal pelaksanaan pendistribusian BBM, terutama BBM Subsidi. Masyarakat harus tahu bahwa subsidi energi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat harus tepat sasaran,” tambah Yulian.

Kegiatan sinergi BPH Migas dengan DPR RI yang berlangsung di Palembang juga dihadiri Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) Zibali Hisbul Masih, Manager Retail Sales Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Awan Raharjo, dan Walikota Palembang yang diwakili Kepala Bagian Sumber Daya Alam Pratama Rayan Suari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: