Elon Musk Naksir India dan Malaysia Karena Ada Harta Karun Langka Mirip Punya RI

Elon Musk Naksir India dan Malaysia Karena Ada Harta Karun Langka Mirip Punya RI

Presiden Joko Widodo berdiskusi dengan Elon Musk di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. -Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev-

 

Secara historis sebenarnya Indonesia sudah melakukan penyelidikan Logam Tanah Jarang ini setidaknya berdasarkan laporan penyelidikan yang tersedia sejak tahun 1991.

 

Banyak terindikasi sumber daya Logam Tanah Jarang ini di Pulau Sumatera dan Pulau Bangka Belitung dan juga indikasi berupa zirkon di Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

 

Sejak maraknya permintaan pasar dunia, Badan Geologi telah secara rutin melakukan penyelidikan dan kajian LTJ.

 

Selain lembaga penelitian pemerintah, BUMN seperti PT Timah, Tbk juga aktif melakukan penelitian pemanfaatan sisa buangan tambang timah yang dimiliki terutama di wilayah Kepulauan Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

 

Perusahaan ini juga menjalin kerjasama dengan BATAN, Kementerian Perindustrian, Badan Geologi dan Balitbang ESDM guna melakukan penelitian bersama dalam pengembangan LTJ.

 

Guru Besar Teknik Pertambangan ITB Irwandy Arif mencatat, China memiliki 44 juta metrik ton logam tanah jarang. Brasil 22 juta metrik ton, Vietnam 22 juta metrik ton, Rusia 12 juta metrik ton dan India 6,9 juta metrik ton.

 

Bagaimana dengan Indonesia? Kata Arif,RI diperkirakan punya harta karun langka Logam Tanah Jarang sekitar 22.000 metrik ton. (dpc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: