BESOK Harga BBM Baru Diumumkan! Simak Harga Pertamax-Pertalite 30 Mei 2023, di SPBU BBM Ada yang Turun Rp 800

BESOK Harga BBM Baru Diumumkan! Simak Harga Pertamax-Pertalite 30 Mei 2023, di SPBU BBM Ada yang Turun Rp 800

Harga BBM mengalami perubahan harga pada 1 Juni 2023-Pertamina-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Besok (31/05) harga baru Bahan Bakar Minyak (BBM) diumumkan.

Harga baru BBM ini diumumkan untuk disesuaikan mulai 1 Juni 2023. Namun, belum bisa dipastikan harga BBM bakal mengalami penurunan atau kenaikan.

Karena salah satu faktor untuk menentukan harga BBM melihat perkembangan harga minyak dunia.

Untuk diketahui di beberapa hari terakhir harga minyak dunia cenderung naik. Data pada (29/05) harga minyak Brent menguat 0,94 persen diperdagangkan dengan harga 77,7 dolar US per barel.

Nah, jika melihat harga minyak mentah dunia semakin menguat, pada harga BBM untuk 1 Juni 2023 bakal naik? belum tentu juga karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kenaikan harga BBM selain harga minyak dunia. 

Faktor-faktor lain tersebut antara lain, Nilai tukar rupiah, Biaya mengangkut minyak mentah, Biaya pengolahan/kilang, Biaya penyimpanan BBM, Biaya distribusi, tarif pajak PPN, Pajak bahan bakar kendaraan bermotor  (PBBKB) yang ditentukan pemda besarannya 5-10 persen dan Margin badan usaha (maks 10 persen dari harga dasar)

"Harga BBM pertamina mempertimbangkan berbagai aspek diantaranya minyak mentah, publikasi MOPS, kurs, agar tetap dapat menjamin keberlangsungan penyedia dan penyaluran BBM hingga ke seluruh pelosok tanah air, "ujar Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga seperti dikutip dari instragram Pertamina

Sementara menurut Basuki Trikora Putra, anggota BPH Migas, ada banyak variabel yang menentukan harga BBM, termasuk BBM non subsidi. "Diantaranya harga minyak dunia, rata-rata harga publik produk (MOPS) yang terbit setiap hari untuk jangka waktu/periode tertentu,"ungkapnya.

Harga BBM Turun

Pada penyesuaian harga BBM yang kelima tahun 2023 atau lebih tepat pada 1 Mei 2023, Pertamina Persero kembali menurunkan harga BBM.

Kali ini, Pertamina Persero menurunkan 2 jenis BBM yakni, Pertamina Dex (Pertadex) atau CN 53 dan Dexlite atau CN 51.

Dari 2 jenis BBM milik Pertamina Persero tersebut, penurunan harga berkisar antara Rp 550 hingga 800 per liter.

Pada penyesuain harga BBM mulai 1 Mei 2023 tersebut, Pertamina Persero mengumumkan penurunan harga BBM lewat unggahan di website pada Minggu (30/04) pukul 22.00 WIB.

Berlaku di seluruh Indonesia, harga Pertamina Dex (Pertadex) CN 53 mulai 1 Mei 2023 turun Rp 800 per liter menjadi Rp 14.600 per liter dari harga sebelumnya Rp 15.400 per liter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: