Ini Lokasi Tol Padang-Sicincin yang Tanahnya Masih Bermasalah

Ini Lokasi Tol Padang-Sicincin yang Tanahnya Masih Bermasalah

Tol Padang Sicincin terus dikebut meski saat ini proses pembebasan 81 bidang tanah masih dalam proses-Foto: Humas Pemprov Sumbar-

PADANG, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Juni 2024 jalan Tol Padang-Sicincin ditargetkan rampung namun masih ada 81 bidang tanah untuk ruas ini yang belum juga rampung dibebaskan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar karena berbagai masalah dan persoalannya.

 

Ketua Tim Percepatan Tol Padang Sicincin Syafrizal Ucok mengatakan, 81 bidang tanah yang belum dibebaskan dan itu tersebar di beberapa titik.

 

Diantaranya di Sungai Buluh Selatan 2 bidang tanah, di Sungai Buluh Barat 1 bidang, Sungai Buluh Utara 2 bidang.

 

Kemudian di Nagari Lubuk Alung 1 bidang tanah, Nagari Parit Malintang 15 bidang, dan sisanya berada di Sicincin.

 

"Sudah ada datanya by name by address. Kita sudah data berbagai persoalannya yang sebenarnya secara administrasi itu sudah bisa disebut bebas,” ujar Ucok dikutip Jambi Ekspres melalui situs resmi sumbarprov.go.id

 

Ucok mencontohkan, persoalan timbul karena pemiliknya tidak bisa ditemukan sama sekali.

Ada pula yang merantau tetapi tidak pulang-pulang dan tidak pula diketahui alamatnya.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, ada pula yang mengaku sebagai pemilik tanah dan saling menggugat di pengadilan dan terkait hal ini masih dalam tahap musyawarah.

 

Kemudian masalah lainnya, masih ada tanah yang dalam proses verifikasi dan penilaian ulang.

 

Ada pula yang berkasnya belum lengkap, berkas belum ada sama sekali dan juga proses pengecekan BPN dan masih ada juga yang sudah proses sidang tinggal menunggu ketetapan hukum tetap.

 

Pemerintah Sumbar kata Joinaldy tidak bisa menuntaskan sekaligus pembebasan lahan Tol Padang-Sicincin ini karena ini juga terkait dengan pihak lain, salah satu dengan BPN sebagai leading sectornya.

 

Namun demikian, Pemprov Sumbar telah membentuk tim percepatan pembebasan lahan agar semua prosesnya bisa semakin cepat.

 

 

Lanjutnya, dibuktikan pula dengan telah rampungnya pembebasan lahan Tol Padang-Sumbar total 95 persen. Demikian disampaikan Joinaldy usai meninjau progres pembangunan Tol Padang-Sicincin kepada wartawan Senin (22/5)

 

Hingga saat ini sudah 1.541 bidang tanah yang dilepas warga Sumbar untuk pembangunan jalan Tol Padang-Sicincin.

 

Audy Joinaldy mengatakan, dari total 1.541 bidang tanah yang sudah dilepas ini, merupakan 95,06 persen dari total 1.621 bidang yang dibutuhkan untuk merampungkan jalan tol Padang-Sicincin.

 

Sementara itu, Sri Hastuti Hardiningsih, Project Director PT Hutama Karya mengapresiasi kerja keras dan upaya percepatan yang telah dilakukan Tim Percepatan Tol Padang Sicincin.

 

"Alhamdulillah berkat dukungan pimpinan daerah, adanya percepatan pembebasan lahan oleh Tim percepatan yang dipimpin Pak Wagub, sehingga pengerjaan di lapangan bisa berjalan lancar. Kami berupaya bisa landing di tahun 2024," kata Hastuti seperti dikutip dari sumbarprov.go.id. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: