HK Bersiap 'Macul’ di Tol Jambi-Betung, Tol Jambi-Rengat Kapan? Ini Jawaban Gubernur

HK Bersiap 'Macul’ di Tol Jambi-Betung, Tol Jambi-Rengat Kapan? Ini Jawaban Gubernur

Ilustrasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).-Foto: Dok Hutama Karya-

JAMBI, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Hutama Karya sudah mulai bersiap macul di ruas jalan Tol Jambi-Betung seksi Mestong-Bayung Lencir. Bahkan kini sudah persiapan proses mobilisasi alat ke lokasi.

 

Agung Ginanjar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 1.3 BPJN Jambi kepada Jambi Ekspres mengatakan, pasca penandatanganan kontrak dengan pihak pengembang Tol Jambi-Betung Rabu (17/5) di Gedung Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta, pergerakan untuk pekerjaan Tol Jambi-Betung pun dimulai.

 

Tol Jambi-Betung akan dimulai dari seksi 3 sepanjang 15,4 kilometer dari arah Mestong Jambi dan di wilayah Musi Banyuasin Sumatera Selatan yaitu seksi 1 sepanjang 7,62 kilometer dan sisanya seksi 2.

 

Bayung Lencir dan Jambi akan disatukan oleh jalan tol sepanjang 33,05 Kilometer dan akan dibangun dalam tiga seksi, seksi 1,2 dan 3. Sementara untuk seksi 2 masih dalam tahap proses kontrak.

 

Seksi 3 dikerjakan oleh PT Hutama Karya sementara seksi 1 oleh PT Adhi Karya - PT Waskita Karya - PT Jaya Konstruksi (KSO).

 

“Jadi tol Jambi-Betung yang bagian Jambi clear, sudah tanda tangan kontrak dan mulai dikerjakan, tidak pakai groundbreaking supaya cepat mulai,” ujar Gubernur Jambi Al Haris saat ditemui Jambi Ekspres di rumah dinasnya Selasa (23/5).

 

Lantas bagaimana dengan Jalan Tol Jambi-Rengat? Kata Al Haris, tugas Pemerintah Provinsi Jambi untuk pembangunan Jalan Tol Jambi-Rengat telah dijalankan yaitu terkait dengan penetapan lokasi dan pembebasan lahan.

 

Kenapa Tol Jambi-Rengat seakan dingin dan tak ada pergerakan, itu kata Gubernur lebih karena beberapa hal yang terkait dengan pemerintah pusat.

 

“Ini masalah sen, untuk Jambi-Betung kan sennya sudah ada, kalau Jambi-Rengat belum itu karena sen,” ujar Al Haris. Sen yang dimaksud adalah dana.

 

Namun demikian, Pemerintah Provinsi Jambi kata Al Haris terus berkomunikasi dengan Kementerian PUPR terkait kapan realisasi tol Jambi-Rengat. “Karena kan tol ini penting, kita terus mendorong dan berkomunikasi dengan pusat,” lanjutnya lagi.

 

Sekedar informasi, Tol Jambi-Rengat panjangnya 190 kilometer dan 116,5 kilometer berada di wilayah Provinsi Jambi.

 

Jalan tol Trans Sumatera dari Jambi menuju Rengat (Provinsi Riau) sudah dilakukan penetapan lokasi pembangunan.

 

Tercatat akan ada 16 desa yang akan dilalui jalan tol Jambi - Rengat. H Apani Saharuddin, Asisten I Setda Provinsi Jambi beberapa waktu mengatakan, lokasi yang telah ditetapkan untuk jalur tol Jambi - Betung tidak jauh berubah dari dokumen perencanaan yang telah diserahkan oleh Kementerian PUPR.

 

Untuk panjang jalan tol Jambi - Rengat adalah 116,5 Kilometer dengan lebar tol 90 meter.

 

Adapun desa - desa yang akan dilintasi tol Jambi - Rengat yakni di Kabupaten Muaro Jambi, ada Desa Danau Sarang Elang, Desa Pijoan, Desa pematang Jering di Kecamatan Jaluko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: