Harga Ikan Patin di Muaro Jambi Melonjak, Akibat Tingginya Harga Pakan dan Bibit

 Harga Ikan Patin di Muaro Jambi Melonjak, Akibat Tingginya Harga Pakan dan Bibit

Harga ikan air tawar jenis patin di Pasar pasar tradisional Kabupaten Muaro Jambi melonjak naik. Ikan patin tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 28 perkilogramnya--

SENGETI, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Harga ikan air tawar jenis patin di Pasar pasar tradisional Kabupaten Muaro Jambi melonjak naik. Ikan patin tersebut saat ini dijual dengan harga Rp 28 perkilogramnya

Kenaikan harga ikan air tawar ini sudah hampir satu bulan terakhir. Bahkan melonjaknya harga pakan ikan itu juga berdampak bagi budidaya ikan air tawar di Muaro Jambi.

Bahkan tak sedikit petani ikan gulung tikar yang diduga dampak dari tingginya harga pakan dan bibit ikan. Hal ini membuat pasokan ikan patin menipis di pasar Sengeti Muaro Jambi.

"Kurangnya ketersediaan membuat harga ikan melambung naik menjadi Rp 28 ribu perkilo," kata Irwansyah, penjual ikan.

Dia menjelaskan, minimnya stok ikan di pasar disebabkan banyaknya petani ikan yang tutup dikarenakan harga pakan ikan yang mahal. Selain harga pakan, kini harga bibit ikan juga jauh mengalami kenaikan.

"Dibandingkan pada dua pekan sebelumnya, semula harga ikan patin dijual Rp 22 Ribu perkilonya,"bebernya.

Para penjual ikan memprediksi harga ikan patin akan terus mengalami kenaikan hingga di harga tiga puluh ribu rupiah perkilo, mengingat ketersediaan ikan di petani yang berkurang.

"Mayoritas stok ikan di pasar Sengeti diperoleh hasil dari petani ikan kerambah Kabupaten Batanghari Lubuk Ruso," bebernya.

Selain itu, kata Dia, kenaikan harga ikan juga berdampak buruk dengan hasil penjualan, biasanya dalam satu hari bisa terjual satu pikul. Namun kini hanya mampu terjual 70 Kg saja.

"Penurunan ini dampak dari turunya daya beli masyarakat," tukasnya. (wan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: