Sudah Lampu Hijau! Ini Sepeda Motor Dilarang Minum Pertalite

Sudah Lampu Hijau! Ini Sepeda Motor Dilarang Minum Pertalite

Kendaraan roda dua saat mengantri BBM di SPBU--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID- Kebijakan baru terkait distribusi BBM bersubsidi (Pertalite dan Solar) terus digodok pemerintah.

Dengan kebijakan baru tersebut, pemerintah berharap distribusi BBM terkhusus yang bersubsidi benar-benar terdistribusi sampai dengan orang yang membutuhkan.

Karena, selama ini fakta di lapangan masih banyak yang seharusnya tidak mendapatkan justru berebut mendapatkan BBM bersubsidi tersebut.

Banyak kendaraan baik motor atau mobil mewah yang seharusnya konsumsi BBM non subsidi, nyatanya masih tetap berebut untuk mendapatkan BBM bersubsidi. 

BACA JUGA: FIX! Berikut Daftar Motor Dilarang Tenggak Pertalite, Termasuk Motormu?

BACA JUGA:REVISI PERPRES! Berikut Ini Daftar Mobil yang Dilarang Minum Pertalite

Untuk diketahui BBM bersubsidi pertaliite paling banyak dipakai oleh masyarakat. Sebagai gambaran untuk tahun 2023 kuota BBM bersubsidi lumayan besar.

BBM Pertalite kuotanya sebesar 32.56 juta kilo liter (KL). Sedangkan minyak solar sebesar 17 Juta KL.

Secara otomatis dengan jumlahnya sangat besar tersebut dibutuhkan pengawasan yang lebih dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Untuk itu, Pemerintah bakal merevisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Dalam Perpres ini isinya antara lain mengatur pembatasan penerima Bahan Bakar Minyak bersubsidi dan penugasan agar jenis Solar subsidi dan Pertalite lebih tepat sasaran.

Revisi Perpres No. 191 Tahun 2014 juga mengenai jenis-jenis kendaraan yang boleh  menggunakan BBM subsidi, sejumlah kendaraan  mobil dan sepeda motor yang tidak sesuai kriteria dilarang membeli BBM jenis Pertalite.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, harus ada kriteria kendaraan yang berhak dan dapat mengonsumsi BBM Khusus Penugasan (JBKP) yakni Pertalite dengan RON 90.

BACA JUGA:Selama 2023 Harga BBM Berubah-Ubah Sebanyak 5 Kali, Berikut 9 Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: