Halak Kita! Tarif Tol Medan-Binjai akan Naik, Cek Harga yang Berlaku

Halak Kita! Tarif Tol Medan-Binjai akan Naik, Cek Harga yang Berlaku

Tol Medan-Binjai akan memberlakukan tarif baru dalam waktu dekat. Ilustrasi jalan tol trans Sumatera-Foto: Dok Hutama Karya-

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID - Halak Kita! Barita na so tabo, Hutama Karya pengelola Jalan Tol Medan-Binjai memberi kabar bahwa tarif ruas tol ini akan naik dalam waktu dekat.

 

Penyesuaian tarif ini katanya perlu dilakukan karena sejak beroperasi tahun 2017 lalu, tarif Tol Medan-Binjai belum pernah naik-naik.

 

Masih menurut Hutama Karya, tarif tol itu seharusnya naik alias dilakukan penyesuaian, setiap dua tahun sekali, namun pada 2019, dan 2021 tak juga naik-naik.

 

Alasannya? Karena pada tahun tersebut pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol masih belum memenuhi untuk penyesuaian tarif.

 

Tahun 2022, tarif tol Medan-Binjai kata Hutama Karya lagi dan lagi tak jadi naik, alasannya karena adanya Pandemi Covid-19 dan adanya kenaikan harga BBM pada Oktober 2022 hingga 30%,

 

“Membuat Hutama Karya melakukan penundaan penyesuaian tarif tol MeBi agar tidak memberatkan masyarakat,” ujar Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro dalam keterangan resminya.

 

Lalu akhirnya, tahun 2023 ini, Hutama Karya membuat keputusan, tarif Tol Medan-Binjai sudah saatnya naik.

 

Alasan kenaikan tarif tol tahun ini benar-benar sudah dianggap tepat. Pertama karena pertimbangan sekarang perekonomian telah pulih kembali, data inflasi mencatat, April 2023 lebih rendah dibanding Oktober 2022.

 

Menurut catatan Hutama Karya, sesuai data Bank Indonesia, Inflasi pada bulan Oktober 2022 mencapai 5.71%, sementara April 2023 ini mengalami penurunan menjadi 4.33%.

 

“Ini saat yang tepat untuk dilakukan penyesuaian tarif (Tol Medan-Binjai),” tutur Koentjoro.

 

Tol Medan-Binjai juga telah memberikan layanan transaksi. Ada 26 gardu transaksi yang mendukung operasionalnya.

 

Posisi gardu Tol Medan-Binjai, 4 (empat) Gerbang Tol (GT) yakni GT Binjai, GT Semayang, GT Helvetia dan GT Marelan.

 

Terdapat pula 10 armada siaga yang terdiri dari ambulans, mobil rescue, mobil derek, layanan jalan tol dan Patroli Jalan Raya (PJR).

 

Tol Medan-Binjai juga telah dilengkapi dengan 55 CCTV. CCTV ini menyorot gambar dari dua arah mata kamera. Semua dimonitoring 24 jam di control room.

 

Tol Medan-Binjai juga dilengkapi 5 (lima) Variable Message Sign (VMS). Tak kalah pentingnya, pemeliharaan jalan tol dan beautifikasi telah pula dilakukan secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: