Naik JTTS: Sarapan di Medan Malam Sudah Makan Mie Celor di Palembang

Naik JTTS: Sarapan di Medan Malam Sudah Makan Mie Celor di Palembang

Naik JTTS dari Medan ke Palembang berangkat pagi, malam sudah sampai--

JAKARTA, JAMBIEKSPRES.CO.ID – Bukan hal mustahil untuk dilakukan tahun mendatang, sarapan di Medan lalu malam harinya sudah bisa makan mie celor di Kota Palembang.

Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah mendekatkan jarak antar provinsi yang ada di Pulau Sumatera.

Menempuh beberapa ruas JTTS, hal ini tentu saja bisa dengan mudah dilakukan. Berikut Jambi Ekspres akan memberikan anda ittinerari perjalanan dari Medan ke Palembang menempuh ruas JTTS.

Seperti kita ketahui, beberapa jalur Tol trans Sumatera yang belum tersambung diantaranya Tol Jambi - Pekanbaru, Tol Jambi - Betung (Palembang), dan beberapa ruas Tol Pekanbaru - Medan.

Mau tau berapa jarak tempuh Medan menuju Palembang jika Tol JTTS rampung? Kita mulai perhitungan jarak tempuh dari Medan menuju Bandung.

Perhitungan ini merupakan hasil penghitungan dan analisa dari Tim Jambi Ekspres tanpa melibatkan pihak manapun.

Kita mulai dari Medan ya, panjang bentangan Tol Medan - Pekanbaru adalah 548 kilometer.

Apabila kita menempuh perjalanan dengan kecepatan minimal Tol 80 km/jam, maka waktu yang akan dibutuhkan adalah sekitar 7 jam. Istirahat sekitar 1 jam maka perjalanan memakan waktu sekitar 8 jam.

Sampai di Pekanbaru, perjalanan kita bisa dilanjutkan di atas jalan Tol Pekanbaru - Rengat

Jalan Tol Pekanbaru - Rengat panjangnya adalah 175 kilometer.

Jika kita menempuh kecepatan minimal 80 kilometer per jam, maka estimasi waktu yang dibutuhkan untuk bisa menempuh jalur ini sekitar 2 jam.

Jika telah sampai di Rengat, perjalana kembali bisa dilakukan dengan menempus ruas Tol Rengat-Jambi. Tol ini memiliki panjang 190 kilometer. Cukup 2,3 jam saja perjalanan.

Jika ditotalkan, maka waktu tempuh perjalanan dari Medan ke Jambi hanya butuh waktu sekitar 12 jam, misalnya  berangkat jam 7 pagi, dari Medan, sampai di Jambi sekitar pukul 19:00 WIB.

Bagi anda yang dari Medan hendak melakukan perjalanan, bisa pula istirahat dulu di Jambi 1  jam meluruskan pinggang.

Kemudian mari kita lanjutkan kembali perjalanan dilanjutkan dengan menempuh Tol Tempino - Betung Sumatera Selatan dengan jarak 250 kilometer.

Naik Tol Jambi menuju Palembang waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam menggunakan kecepatan kendaraan santai saja sekitar 80 kilometer per jam termasuk istirahat sekitar 1 jam.

Dan kini, Selamat Datang di Kota Palembang! Berikut Ittinerari perjalanan Medan-Pelembang naik Jalan Tol Trans Sumatera.

Total perjalanannya adalah sekitar 16,5 jam sudah termasuk istirahat. Bisa disumsikan, jika melakukan perjalanan pukul usai sarapan pagi sekitar pukul 05:00 WIB pagi, maka anda akan bisa sampai di Palembang pukul 09.00 dan sudah bisa makan mie celor di Kota Medan.

Kapan ini bisa terwujud? Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi XI DPR RI beberapa waktu lalu, Aloysius Kiik Ro, Wakil Dirut PT Hutama Karya mengatakan, butuh investasi tidak kecil untuk bisa menyelesaikan JTTS.

Total kebutuhan dana menyelesaikan proyek ini adalah 547,16 Triliun untuk 24 ruas Tol dengan panjang 2.813 km. Dari selatan sumatera Bakauheni hingga utara Sumatera, Banda Aceh.

Terpisah,  Asisten Deputi Strategi dan Percepatan Investasi Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Feri Akbar Pasaribu mengatakan, JTTS tahap II terdiri dari 3 ruas.

Ruas Betung—Tempino—Jambi total panjang 169 kilometer dan nilai investasi Rp.25,2 triliun, Jambi—Rengat 198 kilometer senilai Rp.34,19 triliun, dan ruas Rengat—Pekanbaru sepanjang 207 kilometer senilai Rp.43,47 triliun.

Dan saat ini, ruas Tol Jambi-Betung tengah dikerjakan dari seksi Mestong-Bayung Lencir. Ruas ini ditargetkan tersambung tahun 2024 mendatang.

Sementara itu ruas Tol Pekanbaru-Rengat mengarah ke Jambi juga sedang tahap pembebasan lahan yang ditarget bisa mulai dibangun tahun 2023 ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: